Problematika Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN Caruban

Ikrima, Fikri (2016) Problematika Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN Caruban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105012 prabab.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932105012 BAB I new.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932105012 BAB II new.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932105012 BAB III new.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932105012 BAB IV new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932105012 BAB V new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
932105012 BAB VI new.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932105012 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932105012 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Sejak kemerdekaan 1945, Indonesia telah mengalami sebelas kali perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum, antara lain, bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, setiap kali perubahan kurikulum dilakukan, selalu saja disambut pro dan kontra. Kurikulum 2013 menuai banyak kritik dan protes. Kritik dan protes datang dari berbagai kalangan menyangkut isi dan kemasan kurikulum, kesiapan guru dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan kurikulum 2013 di MTsN Caruban. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tolak ukur dalam upaya meningkatkan keberhasilam proses belajar mata pelajaran fiqih dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran fiqih. Jenis peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapaun teknik pengupulan data yaitu dengan observasi, wawancara mendalam kepada sejumlah subyek dan informan serta dokumentasi. Analisis data dilkukan sejak awal penelitian dan selama proses dilaksanakan sampai kepada kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 sudah bisa berjalan, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, berupa observasi, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pada penilaian yang diterapkan pada mata pelajaran fiqih di MTsN Caruban menggunakan penilaianyang sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu penilaian otentik yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun demikian, masih terdapat banyak problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pelajaran fiqih. Diantaranya: cakupan penilaian raport siswa yang mencakup 3 hal yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hal ini akan menyulitkan para guru untuk erumuskan nilai siswa. Lemahnya input siswa yang sulit untuk berfikir mandiri. Penambahan waktu pembelajaran dinilai sebagai problem sendiri. Tidak semua guru memahami kurikulum 2013, sehingga mengakibatkan guru belum mampu mengadakan perubahan yang di harapkan dalam pembelajaran kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:47
Last Modified: 15 Apr 2021 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item View Item