Aini, Eni Nur (2016) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Siswa Di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104712 prabab.pdf Download (535kB) |
|
Text
932104712 BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
932104712 BAB II ok.pdf Download (466kB) |
|
Text
932104712 BAB III ok.pdf Download (237kB) |
|
Text
932104712 BAB IV ok.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932104712 BAB V ok.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text
932104712 BAB VI ok.pdf Download (179kB) |
|
Text
932104712 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text
932104712 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
Abstract
Sekarang ini telah terjadi masalah krisis moral. Hal ini karena penanaman nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari yang masih kurang. Kemerosotan moral ini tidak saja dialami oleh orang dewasa akan tetapi sudah menjalar pada generasi muda bangsa. Belakangan ini sering sekali kita mendengar persoalan kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak muda, misalnya pencurian, perkosaan, sampai dengan pembunuhan. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membina moral siswa, dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana internalisasi nilai aqidah dalam membina moral siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk?, 2) Bagaimana internalisasi nilai syari’ah dalam membina moral siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk? Dan 3) Bagaimana internalisasi nilai akhlak dalam membina moral siswa di SMAN 1 Prambon Nganjuk?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada. Disamping itu penelitian deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan sesuatu masalah atau dalam keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya. Maka metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Internalisasi nilai aqidah dalam membina moral siswa yakni melalui peringatan hari besar Islam (PHBI), Majelis ta’lim (MT), KBM dan Istighosah, 2) internalisasi nilai syari’ah dalam membina moral siswa yakni melalui shalat dhuhur berjama’ah, pondok Ramadhan, zakat fitrah dan keteladanan, 3) internalisasi nilai akhlak dalam membina moral siswa yakni melalui program 3 S (senyum, salam dan sapa), KBM dan keteladanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 01:40 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 01:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2245 |
Actions (login required)
View Item |