Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII C Excellent MTsN Kediri 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Afifah, Siska Inas (2016) Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII C Excellent MTsN Kediri 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118712 prabab.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932118712 BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932118712 BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932118712 BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932118712 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
932118712 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
932118712 BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932118712 Daftar Pustak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik dan efektif yang dilaksanakan oleh guru dalam kelas akan mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan oleh guru. Dalam proses pembelaajran pemilihan model pembelajaran harus menyesuaikan oleh materi dan karakter siswa. Model pembelajaran yang kurang tepat akan memepengaruhi terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Pemberian stimulus dalam pembelajaran mampu meningkatkan perhatian siswa yang berdampak positif terhadap keaktifan siswa dikelas. Siswa aktif adalah siswa yang mampu menampilkan berbagai usaha dalam belajar sampai mencapai keberhasilannya. Siswa yang aktif dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajarnya dan meningktakan wawasan siswa. Keaktifan siswa dalam pembelajaran dikelas aktif dalam hal partisipasi, kemandirian belajar dan kreativitas belajar siswa. Model pembelajaran yang bervariasi yang diterapkan oleh guru adalah Model Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan membandingkan model pembelajaran Problem Based Leanring dan Discovery learning terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII C Excellent di MTsN Kediri 2. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII C Excellent MTsN Kediri 2 dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket keaktifan siswa, hasil observasi dan dokumentasi. Validitas Instrumen menggunakan t tabel 0,355 dan reliabilitas dengan nilai alpha 5%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Pengujian hipotesis dengan rumus dependent t-test. Hasil penelitian ini adalah: 1)Hasil rata-rata Tingkat keaktifan siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based learningadalah55,97.2) Hasil rata-rata tingkat keaktifan siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery learning adalah 48,13.3) Perbandingan Model pembelajaran Problem Based Leanring dan Discovery learningdengan menggunakan dependent t-test menghasilkan Sig. (2-tailed) 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan keaktifan siswa artinya Terima Ha tolak Ho. Simpulan dari penelitian ini adalah Ada perbedaan keaktifan siswa dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Leanring dan Discovery learningpada Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII C Excellent MTsN Kediri 2 tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:31
Last Modified: 25 Mar 2021 01:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item