JANAH, MUSLIKATUL (2016) Implementasi pembelajaran pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dengan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932114312 - Pra BAB.pdf Download (236kB) |
|
Text
932114312 - BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
932114312 - BAB II.pdf Download (509kB) |
|
Text
932114312 - BAB III.pdf Download (146kB) |
|
Text
932114312 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
932114312 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
932114312 - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text
932114312 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
|
Text
932114312 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi pembelajara Akidah Akhlak kelas VIII dengan Kurikulum 2013 (perencaan, pelaksanaan, penilaian). Pendidikan berperan sangat penting dalam kehidupan untuk mewujudkan manusia beriman bertaqwa serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional maka perlu adanya pengembangan kurikulum. Pendidikan agama pada kenyataanya dianggap kurang mampu dalam mengatasi persoalan bangsa. Setelah ditelusuri pendidikan agama di sekolah hanya disediakan waktu dua jam pelajaran. Sehingga dalam pendidikan agama tidaklah dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan. Dari kelemahan tersebut maka untuk merespon kebutuhan masyarakat terjadilah perubahan kurikulum yang berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Elemen Kurikulum 2013 terletak pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar isi, Standar Proses, Standar Penilaian. MTsN 2 Kota Kediri diantara sekolah yang telah mengemplementasikan pembelajaran Kurikulum 2013 yang terus berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dengan Kurikulum 2013 pada perencanaan, pelaksanaan pendekatan Scientific, penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian: kepala sekolah, waka kurikulum, pendidik, peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajara Akidah Akhlak kelas VIII dengan Kurikulum 2013 di MTsN 2 Kota Kediri, sebagai berikut: 1) Dalam perencanaan sudah terlaksana penyusunan RPP telah mengkaji silabus, buku pegangan guru, buku teks pelajaran menggunakan pendekatan Scientific, akan tetapi belum semua RPP menggunakan peraturan model terbaru. 2) Pelaksanaan pendekatan Scientific meliputi: kegiatan mengamati (pendidik kurang mengembangkan dalam proses mengamati hanya saja mendengarkan gambaran materi secara singkat serta mengamati buku teks pelajaran), menanya (pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menanya materi yang belum dipahami, mengumpulkan informasi/mencoba (peserta didik diberi waktu untuk mencoba mencari pengertian, contoh hikmah dalam kehidupan sehari-hari dari sumber lain), mengasosiasi/menalar (peserta didik mencoba berpikir menyelesaikan masalah dengan ilmu yang sudah dipelajari), mengkomunikasikan (pendidik membimbing peserta didik dengan berpresentasi). 3) Penilaian autentik mencakup: penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian kompetensi ketrampilan. Penilaian tersebut sudah menilai ketiga ranah, akan tetapi belum sempurna mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh penilaian autentik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:45 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 04:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |