Implementasi Metode TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-8 DI SMAN 4 KOTA KEDIRI Pada Mata Pelajaran PAI Tahun Pelajaran 2015-2016

TOHARI, MOH. MIZAN (2016) Implementasi Metode TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-8 DI SMAN 4 KOTA KEDIRI Pada Mata Pelajaran PAI Tahun Pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112912 - Pra BAB.pdf

Download (492kB)
[img] Text
932112912 - BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932112912 - BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932112912 - BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932112912 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
932112912 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932112912 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
932112912 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: TPS (Think Pair Share), prestasi belajar Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode baru, yaitu metode TPS (Think Pair Share) strategi yang cukup menyenangkan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti ingin mengetahui dampak dari penerapan metode TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, adapun fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada kelas X-8 di SMAN 4 KOTA KEDIRI? 2) Apakah metode TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X-8 pada pelajaran PAI? Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan jenis metode kolaboratif. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui beberapa siklus. Secara sistematis, tindakannya melalui persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu kegiatan pra siklus, siklus I, siklus II yang dilakukan selama 4 kali pertemuan. Materi yang dipelajari yaitu pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu: a) Prestasi belajar siswa yang dikategorikan rendah dilihat dari ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 73,08 dengan persentase kelulusan hanya 32,15% b) prestasi belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar sebesar 77,5 dengan persentase kelulusan sebesar 53,58% c) Prestasi belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar sebesar 78,22 dengan presentase kelulusan sebesar 89,29%

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:03
Last Modified: 15 Feb 2021 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item