Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk

KHOLIMAH, SITI (2020) Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106516 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106516 BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
932106516 BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
932106516 BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932106516 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932106516 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
932106516 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
932106516 Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932106516 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SITI KHOLIMAH, Dosen Pembimbing SALMA SUNAIYAH, M.Pd.I dan NURUL HUDA PURNOMO, M.Pd, Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Drenges Kertosono Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Quran Al-Quran merupakan pedoman yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, oleh sebab itu kita sebagai umatnya memiliki kewajiban untuk menyakininya dengan cara mempelajari kitab tersebut, baik dengan membaca maupun menulis. Sedangkan juka dilihat dari fenomena sekarang dengan adanya perkembangan teknologi minat membaca Al-Quran seorang muslim sedikit menurun, sehingga kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Quran pun juga ikut menurun. Untuk memperbaiki hal tersebut perlu adanya sebuah metode yang baik agar proses belajar mengajar membaca Al-Quran bisa berjalan dengan mudah dan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada peserta didik. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan metode ummi di MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Quran dengan mengunakan metode ummi di MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan metode ummi di MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk? (4) Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus, dengan mengambil latar di MI Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara: 1) Melakukan reduksi data. 2) Menyajikan data. 3) Menyimpulkan data. Dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan yang dimiliki seorang guru berbeda-beda, dikarenakan setiap guru tersebut merencanakan pada kriteria yang dimiliki siswa ataupun tingkatan dan capaian pada setiap jilid yang berbeda, yaitu pada jilid 1-6, jilid Ghorib, dan Jilid Tajwid. 2) Pelaksanaan guru dalam mengajar ada 7 tahapan, yaitu: pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep, Pemahaman konsep, Latihan/ Keterampilan, Evaluasi, Penutup 3) Evaluasi dalam pembelajaran ummi ada 2 tahap yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. 4) Kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan metode ummi, siswa sudah dikatakan mampu dalam membaca Al-Quran dengan lancar dengan prosentase 32% siswa sangat lancar 44% Siswa lancar dan 24% siswa kurang lancar. Mampu membaca Al-Quran dengan tepat tajwidnya dengan prosentase sekitar 32% sangat tepat, 44% tepat dan 24% Kurang tepat. Mampu membaca Al-Quran dengan fasih dengan prosentase 32% sangat fasih, 44% Fasih dan 24% Kurang fasih.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Feb 2021 05:24
Last Modified: 11 Feb 2021 05:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item