WULANDARI, TITIS DWI (2020) Pembelajaran Syi’ir Alaalaa dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106416 Pra BAB.pdf Download (638kB) |
|
Text
932106416 BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
932106416 BAB II.pdf Download (395kB) |
|
Text
932106416 BAB III.pdf Download (242kB) |
|
Text
932106416 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
932106416 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
932106416 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Text
932106416 Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
|
Text
932106416 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK TITIS DWI WULANDARI: Pembelajaran Syi’ir Alaalaa dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Dosen Pembimbing Dr. H. MUNIRON, M.Ag dan Dr. UNTUNG KHOIRUDDIN, M. Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran, Syi’ir Alaalaa, Akhlak Santri. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran syi’ir alaalaa dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri. Pembelajaran syi’ir alaalaa dalam meningkatkan akhlak santri disini adalah pembelajaran yang mengarahkan santri dalam meningkatkan akhlakul kharimah (baik) dengan siapa saja tanpa adanya dorongan dari guru, ataupun dari orang lain. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode pembelajaran syi’ir Alaalaa dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri? (2) Apa faktor pendukung pembelajaran syi’ir Alaalaa dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri? (3) Bagaimana dampak pembelajaran syi’ir Alaalaa dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi Dlopo Karangrejo Ngasem Kediri? Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan penddekatan ini kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengungkap makna yang ada. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari responden merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan sumber data tambahan berupa dokumen. Jenis data tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini dihasilkan beberapa temuan, yaitu metode pembelajaran syi’ir alaa dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Assuyuthi menggunakan metode pembelajaran: (1) Gabungan antara metode tradisonal dan metode modern, (2) Pemberian Nasehat, dan (3) Hukuman. Faktor pendukung pembelajaran syi’ir alaalaa: (1) Adanya sarana dan prasarana yang memadai, (2) Adanya program kerja kegiatan yang diperuntukkan untuk santri, (3) Adanya keterlibatan dan keteladanan semua elemen, (4) Kepala pondok beserta jajaran pengurus aktif memantau kegiatan belajar dan ketertiban santri (5) Faktor lingkungan yang baik dan sehat. Dampak pembelajaran syi’ir alaalaa yakni: (1) Santri selalu mengucapkan salam ketika bertemu ustadz ustadzah, teman-temannya dan orang tua nya, (2) Santri bertutur kata yang baik dan sopan terhadap seseorang yang mereka ajak bicara, (3) Menghormati kepada orang yang lebih tua maupun terhadap sesama teman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:59 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 04:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2146 |
Actions (login required)
View Item |