Faktor-faktor penyebab penyimpangan perilaku siswa dan cara menanggulanginya studi kasus di MTs Nurul Islam Bence Kota Kediri

LINDAWATI, KHOLIS LAILLATU (2016) Faktor-faktor penyebab penyimpangan perilaku siswa dan cara menanggulanginya studi kasus di MTs Nurul Islam Bence Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108512 - Pra BAB.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932108512 - BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932108512 - BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932108512 - BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932108512 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
932108512 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
932108512 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
932108512 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
932108512 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Kata Kunci: Faktor-faktor penyebab penyimpangan perilaku siswa, menanggulanginya Merosotnya tata krama, tata pergaulan dan tata kehidupan siswa baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat merupakan salah satu masalah pendidikan yang harus dicermati dan diatasi oleh semua pihak yang peduli terhadap masa depan bangsa. Dalam kondisi seperti ini, pelayanan bimbingan dan konseling madrasah sangat penting untuk membantu siswa mengatasi masalah yang dihadapinya guna meningkatkan mutu individu dan lembaga pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bentuk penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam, mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam, mengetahui cara menanggulangi penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam yaitu terlambat masuk madrasah, memakai atribut yang tidak sesuai dengan jadwalnya, seperti baju dikeluarkan dan tidak berpakaian rapi, tidak memakai topi saat upacara, berkuku panjang bagi putra putri, keluar kelas saat KBM seperti ke kantin dan ke warung, berambut panjang dan tidak rapi bagi laki-laki, bagi perempuan tidak memakai jilbab yang sesuai dengan aturan sekolah, membawa handphone, merokok, perkelahian yang melibatkan kelompok lain, dan pelecehan seksual. 2) Faktor yang menyebabkan penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam yaitu adanya problem yang belum terselesaikan di lingkungan keluarganya, pengaruh teman, kurangnya perhatian dari orang tuanya, 3) cara menanggulangi penyimpangan perilaku siswa di MTs Nurul Islam adalah menggunakan penanganan kuratif, yaitu bekerja sama dengan wali murid, dengan guru-guru, menjalin hubungan yang baik dengan siswa, memberi sanksi yang mendidik, memberikan konseling individu, bimbingan kelompok dan mengadakan alih tangan kasus jika diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:14
Last Modified: 11 Feb 2021 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item