Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016

ROKHANA, BINTI SYAFAATU (2016) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102912 - Pra BAB.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932102912 - BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932102912 - BAB II.pdf

Download (449kB)
[img] Text
932102912 - BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932102912 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
932102912 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
932102912 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
932102912 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932102912 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial Guru, Minat Belajar. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan minat belajar siswanya. Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat meningktkan Minat Belajar siswnya seorang Guru diharuskan memiliki kompetensi yang tinggi untuk mengajar peserta didiknya terutama dalam kompetensi profesional dan sosialnya. Dikarenakan Guru yang kompeten akan mampu menciptakan kondisi mengajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga belajar para siswa berada pada tingkat optimal. Berangkat dari hal tersebut peneliti menelaah lebih jauh 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru kelas VII di MTs.Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016?, 3) Bagaimana tingkat minat belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016?, 4) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016?, 5) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi Sosial guru terhadap minat belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016?, 6) Adakah pengaruh persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel kelas VII MTs. Negeri Pare dengan jumlah 127 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel X1 (Persepsi siswa tentang kompetensi profesional) dan variabel X2 (Persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa). Dalam Penelitian ini terdapat enam temuan ini terdapat enam temuan, yaitu : (1) Berdasarkan hasil penelitian, Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru kelas VII MTs. Negeri Pare di peroleh nilai rata-rata sebesar 51, 96 yang di golongkan ke dalam skor 51,8-57,4 dan skor tersebut dikategorikan baik.(2) persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru kelas VII di MTs. Negeri Pare di peroleh rata-rata sebesar 50,45 yang di golongkan ke dalam skor 45,2-51,8 dan skor tersebut dikategorikan cukup. (3) Minat Belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare di peroleh rata-rata 65,56 yang di golongkan ke dalam skor 62-68 dan skor tersebut dikategorikan cukup. (4) Ada pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional terhadap Minat Belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai Sig = 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. (5) Tidak ada pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru terhadap Minat Belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai Sig = 0,346 yang lebih besar dari 0,05. (6) Tidak ada pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru terhadap Minat Belajar siswa kelas VII di MTs. Negeri Pare Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai Sig = 0,469 yang lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:21
Last Modified: 10 Feb 2021 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item