MARTARIYANA, FRANSISKA (2025) STRATEGI LAYANAN MOBILE BMT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DAN FREKUENSI TRANSAKSI PADA KSPPS BMT PETA CABANG JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM KEDIRI.
|
Text
21402016_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21402016_bab1.pdf Download (378kB) |
|
|
Text
21402016_bab2.pdf Download (340kB) |
|
|
Text
21402016_bab3.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
21402016_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
|
Text
21402016_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
|
Text
21402016_bab6.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
21402016_daftarpustaka.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
21402016_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21402016_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
FRANSISKA MARTARIYANA, Dosen Pembimbing Mundhori, M.E.I. dan Anwariyah, M.Pd. Strategi Layanan Mobile BMT Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Dan Frekuensi Transaksi Pada KSPPS BMT PETA Cabang Jombang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Syekh Wasil Kediri,2025. Kata Kunci: Strategi Layanan, Mobile BMT, Jumlah Anggota, Frekuensi Transaksi Perkembangan teknologi digital menuntut lembaga keuangan syariah untuk berinovasi dalam memberikan layanan yang cepat, praktis, dan efisien. KSPPSBMT PETA Cabang Jombang merespon perubahan tersebut dengan meluncurkan layanan mobile BMT, sebagai bentuk digitalisasi layanan untuk mempermudah transaksi anggota sekaligus memperluas jangkauan pelayanan. Inovasi ini diharapkan mampu memperkuat daya saing lembaga serta meningkatkan partisipasi anggota dalam kegiatan keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi layanan mobile BMT pada KSPPS BMT PETA Cabang Jombang dan strategi layanan mobile BMT pada KSPPS BMT PETA Cabang Jombang dalam meningkatkan jumlah anggota dan Frekuensi Transaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah dari Kepala Cabang KSPPS BMT PETA Cabang Jombang dan Anggota aktif pengguna layanan mobile BMT. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan observasi, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi layanan mobile BMT pada KSPPS BMT PETA Cabang Jombang dilaksanakan melalui pengembangan aplikasi digital yang mempermudah anggota dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti transfer, pembayaran tagihan listrik, PDAM, BPJS, biaya sekolah, serta pembelian pulsa dan paket data. Strategi tersebut dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, kecepatan layanan serta efisiensi waktu dan biaya. Selain itu, BMT juga memberikan pendampingan bagi anggota baru dan menjaga daya tanggap petugas dalam mengatasi kendala yang dihadapi anggota. (2) Strategi layanan mobile BMT dalam meningkatkan jumlah anggota dan frekuensi transaksi terbukti efektif. Sejak diluncurkan pada tahun 2018, jumlah anggota meningkat dari 314 menjadi 4.197 orang pada tahun 2025, dengan sekitar 72% anggota aktif menggunakan aplikasi. Frekuensi transaksi juga meningkat sigifikan, dimana lebih dari 52% transaksi kini dilakukan secara digital. Anggota memanfaatkan aplikasi tidak hanya untuk transaksi rutin, tetapi juga mendukung kegiatan ekonomi produktif seperti usaha kecil dan perdagangan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020301 Bank (incl. Bank Syariah) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
| Depositing User: | FRANSISKA MARTARIYANA |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 06:44 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:44 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
