fauziah, mu'awatul (2025) Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota (Studi Pada BMT Unit Gabungan Terpadu Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
20402150_prabab.pdf Download (830kB) |
|
|
Text
20402150_BAB1.pdf Download (524kB) |
|
|
Text
20402150_BAB2.pdf Download (160kB) |
|
|
Text
20402150_BAB3.pdf Download (161kB) |
|
|
Text
20402150_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
|
Text
20402150_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text
20402150_BAB6.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
20402150_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
|
Text
CamScanner 16-12-2025 12.33.pdf Download (396kB) |
Abstract
MU’AWATUL FAUZIAH, Dosen pembimbing (1) Dr.Nuril Hidayati,S.Fill,l., M.Hum dan (2) Dijan Novia Saka, SE, M.M Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Studi Pada BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci: Peran, Pelayanan Prima, Meningkatkan Jumlah Anggota Kualitas pelayanan lembaga keuangan dianggap sebagai salah satu unsur penting bagi keberlangsungan serta citra lembaga. BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri telah dikenal sebagai lembaga keuangan syariah memberikan pelayanan prima yang berkualitas untuk diberikan kepada anggotanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan prima diterapkan di BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri serta bagaimana peran pelayanan prima tersebut dalam meningkatkan jumlah anggota baru. Pendekatan kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan Kepala Cabang, Account Officer, kasir, dan tujuh anggota BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliatian ini adalah 1). Pelayanan prima di BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri telah dijalankan dengan baik dan mengacu pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu: Reabilitas (Kehandalan) pelayanan yang diberikan oleh staff BMT UGT Nusantra Cabang Kota Kediri secara ramah, dan tepat sasaran. Responsivitas (Daya Tanggap) mencakup staff account officer (AO) BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri dalam memberikan solusi ketika anggota mengalami keluhan atau kendala selama proses transaksi. Assurance (Jaminan) mencakup kepatuhan, kompetensi, kesopanan, serta sifat dapat dipercaya yang dimiliki staff. Tangibles (Bukti Fisik) bentuk fasilitas pelayanan, penampilan staff serta sarana dan prasarana yang disediakan dan dapat dirasakan oleh anggota. Emphaty (Empati) Kemampuan staff dalam memahami apa yang dirasakan atau diinginkan oleh anggota melalui sikap memberikan perhatian yang tulus. 2). Peran pelayanan prima yang diberikan secara tepat dan sesuai dengan harapan anggota dapat memengaruhi peningkatan jumlah anggota. Dari tahun 2020-2024 pada tahun 2020 jumlah anggota tercatat sebanyak 7.000 orang kemudian meningkat menjadi 7.850 orang pada tahun 2021, 8.745 orang pada tahun 2022, 9.674 orang pada tahun 2023, mencapai 10.158 orang pada tahun 2024. Peningkatan jumlah anggota mengalami kenaikan 9,79% per tahun menunjukkan bahwa BBMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri berhasil. Rasa puas yang telah dirasakan oleh anggota diyakini mampu mendorong minat dan keputusan angota untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh lembaga. Empat indikator yang telah digunakan dalam membantu peningkatan jumlah anggota, yaitu terbentuknya keputusan anggota, meningkatnya minat anggota, terciptanya keputusan anggota, dan word of mouth.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020308 Microfinance Institution (Lembaga Keuangan Mikro; incl. LKM Syariah) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mu'awatul Fauziah |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 06:28 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 06:28 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/20050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
