Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Pada Siswa Kelas IV SDN Satak 2 Di Puncu Kediri

Yulianti, Denisa (2025) Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Pada Siswa Kelas IV SDN Satak 2 Di Puncu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21104103_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
21104103_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
21104103_bab2.pdf

Download (417kB)
[img] Text
21104103_bab3.pdf

Download (459kB)
[img] Text
21104103_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
21104103_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
21104103_bab6.pdf

Download (291kB)
[img] Text
21104103_daftarpustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
21104103_Pernyataanupload.pdf

Download (156kB)

Abstract

Denisa Yulianti, Dosen Pembimbing Dr. M. Qomarul Huda, M.Fi.I dan Shofi Mirwani,, M. Psi, Psikolog, Metode Token ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Pada Siswa Kelas IV SDN Satak 2 di Puncu Kediri, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Token ekonomi, Disiplin, Penguatan Positif Disiplin merupakan aspek dasar dalam pengembangan karakter siswa serta menjadi faktor penunjang keberhasilan proses belajar di sekolah dasar. Meskipun demikian, siswa kelas IV di SDN Satak 2 menunjukkan kurangnya perilaku disiplin, seperti sering tidak menggunakan seragam sesuai aturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, tidak menjaga ketenagan selama pelajaran, dan tidak melaksanakan piket kelas. Kondisi ini menandakan perlunya strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan perilaku disiplin. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode token ekonomi, yang melibatkan pemberian token sebagai bentuk reinforcement positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode token ekonomi dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas IV SDN Satak 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain one-group pretest -posttest. Subjek penelitian terdiri dari 14 siswa, dengan intervensi dilakukan selama 9 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan pretest, 7 kali dilakukan intervensi metode token ekonomi, dan pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data dikumpulkan melalui angket,observasi, dan dokumentasi. Teknik penambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 43,79 pada pretest menjadi 62,86 pada posttest. Uji Wilcoxon Signed Rank Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05), yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,7986 tergolong dalam kategori tinggi, yang mengindikasikan peningkatan skor yang cukup besar. Dengan demikian, metode token ekonomi terbukti dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa secara positif dan terarah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: DENISA YULIANTI
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:15
Last Modified: 16 Dec 2025 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item