Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV RAUDLATUL MUBTADIIN KOTA KEDIRI

Putri, Septi Riana (2025) Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV RAUDLATUL MUBTADIIN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21206051_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206051_prabab.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21206051_bab1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
21206051_bab2.pdf

Download (477kB)
[img] Text
21206051_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
21206051_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21206051_bab5.pdf

Download (233kB)
[img] Text
21206051_daftarpustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

E-LKPD merupakan lembar kerja peserta didik yang interaktif. Dimana penggunaan E-LKPD dapat dikerjakan secara digital dan dapat dikerjakan dimana saja secara sistematis serta berkesinambungan selama jangka waktu tertentu. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan wali kelas IV MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI, diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika materi pecahan masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan LKS sebagai media pembelajaran dan juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pada saat berlangsungnya pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu peneliti menawarkan media E-LKPD yang bersifat interaktif sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui pengembangan produk E-LKPD pada pembelajaran matematika materi pecahan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV di MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI, 2. Untuk mengetahui kelayakan produk E-LKPD pada pembelajaran matematika materi pecahan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV di MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI, 3. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman peserta didik pada produk E-LKPD pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV di MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Pada penelitian ini menggunakan subyek penelitian kepada siswa kelas IV MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI dengan jumlah siswa sebanyak 22. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi, dan melakukan pre-test, dan post-test kepada siswa. Data yang diperoleh dianlisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Dalam pengembangan dan penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan 5 langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2. Tingkat kelayakan media E-LKDP dapat dilihat dan diketahui melalui angket respon yang dilakukan validator ahli media dan ahli materi, hasil presentase yang diberikan oleh validator ahli media sebesar 82%, dan validator ahli materi memberikan presentase sebesar 100%, serta validator ahli materi memberikan presentase pada soal pre-test sebesar 94,28% , dan soal post-test sebesar 97,14%. Dari hasil yang didapatkan dari semua ahli validator semua hasil mendapatkan kategori “Sangat Layak”. 3. Peningkatan hasil pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa siswa mendapatkan rata-rata sebesar 60,68. Sedangkan hasil rata-rata pada saat dilakukan post-test yaitu sejumlah 91,13. Dan uji N-Gain yang dilakukan mendapatkan presentase sebesar 79,11 menunjukkan bahwa media E-LKPD sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD mampu untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI RAUDLATUL MUBTADIIN MOJOROTO KEDIRI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SEPTI RIANA PUTRI
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:25
Last Modified: 08 Dec 2025 07:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19898

Actions (login required)

View Item View Item