PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII MTs AL-AMIEN KOTA KEDIRI

Lutfiyah, Fatimatul (2025) PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII MTs AL-AMIEN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
publikasi.pdf

Download (505kB)
[img] Text
21208021_ prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21208021_bab1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
21208021_bab2.pdf

Download (507kB)
[img] Text
21208021_bab3.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
21208021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
21208021_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
21208021_bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DP FATIMATUL LUTFIYAH_compressed.pdf

Download (99kB)

Abstract

Rendahnya sikap ilmiah siswa dapat menghambat keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, sehingga bisa berdampak pada rendahnya pemahaman terhadap materi IPA. Untuk itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa melalui pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pendekatan STEM berbasis proyek yang mengintegrasikan science, technology, engineering, dan mathematics dalam pembelajaran berbasis proyek Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap sikap ilmiah siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan STEM berbasis proyek dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design dengan metode kuantitatif dan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs di Kota Kediri. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket sikap ilmiah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji inferensial Independent Sample T�Test. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai sikap ilmiah pada kelas kontrol sebesar 70,61, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 79,61. Hasil uji inferensial dengan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 (p < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah siswa kelas VII MTs Al-Amien yang diajar menggunakan pendekatan STEM berbasis proyek dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Kata Kunci : Pendekatan STEM, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: FATIMATUL LUTFIYAH
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:36
Last Modified: 09 Dec 2025 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item