Mustofa, Zahrotul (2025) Pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan sholat dhuha bersama (studi kasus MTsN 9 Nganjuk Tahun Pelajaran 2024/2025). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
21201237_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21201237_bab1).pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text
21201237_bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
|
Text
21201237_bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
|
Text
21201237_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
|
Text
21201237_bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
|
Text
21201237_bab6.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
|
Text
21201237_daftarpustaka.pdf Download (149kB) |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Pendidikan saat ini ada banyak sekali permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah kedisiplinan peserta didik yang terwujud akan rendahnya disiplin peserta didik, maraknya perilaku menyimpang peserta didik, dan permasalahan peserta didik yang serius. Kepatuhan terhadap peraturan sekolah yang rendah pertanda semangat peserta didik semakin buruk. Saat ini semangat belajar para peserta didik sedang mengalami penurunan yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu MTsN 9 Nganjuk mempunyai langkah dalam membina peserta didik .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana Perencanaan pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di MTsN 9 nganjuk, 2) Bagaimana Pelaksanaan pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di MTsN 9 Nganjuk, Dan 3) Bagaimana karakter disiplin siswa setelah dilakukan pembinaan melalui pembiasaan shalat Dhuha di MTsN 9 Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuliatatif untuk mendapatkan hasil berupa deskripsi dari situs dengan berupa teks narasi. Sedangkan pendekatan dalam skripsi ini peneliti menggunakan studi kasus. narasumber dari penelitian ini yaitu bapak ibu guru dan siswa MTsN 9 Nganjuk. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga teknik berupa observasi, wawancara, dokumentasi. peneliti juga melakukan analisis data dengan model analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan ini mempunyai tujuan yang jelas, penyusunan jadwal yang terstruktur, penyusun penaggung jawab, pengawasan dan evaluasi, 2) Pelaksanaan yang dilakukan menggunakan metode-metode yang sesuai supaya membentuk karakter disiplin siswa, ada tantangan dan hukuman yang sudah ditanamkan agar siswa tidak melanggar aturan, 3) Hasil dari pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat dhuha yaitu siswa menjadi disiplin waktu, kosnsisten, tanggung jawab, ketaatan pada peraturan, kemandirian, ketertiban.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | ZAHROTUL MUSTOFA |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:46 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:46 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
