Pengaruh Muhasabah Dan Self Control Terhadap Distress Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri Yang Bekerja

Anggraeni, Marcella Nadhia (2025) Pengaruh Muhasabah Dan Self Control Terhadap Distress Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri Yang Bekerja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21107023_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21107023_bab1.pdf

Download (594kB)
[img] Text
21107023_bab2.pdf

Download (742kB)
[img] Text
21107023_bab3.pdf

Download (704kB)
[img] Text
21107023_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
21107023_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
21107023_bab6.pdf

Download (562kB)
[img] Text
21107023_daftarpustaka.pdf

Download (571kB)
[img] Text
21107023_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21107023_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (187kB)

Abstract

Anggraeni, Marcella Nadhia. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Moh. Asror Yusuf, M. Ag dan Ervin Abdillah, S.Psi,MA, Pengaruh Muhasabah dan Self Control Terhadap Distress Akademik pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri yang Bekerja, Skripsi, Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Muhasabah, Self Control, Distress Akademik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Muhasabah dan Self Control terhadap Distres Akademik pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri yang bekerja. Fenomena distres akademik seringkali dialami oleh mahasiswa, terutama yang memiliki peran ganda sebagai mahasiswa sekaligus pekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 41 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri yang bekerja, yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Muhasabah, skala Self Control, dan skala Distres Akademik. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item instrumen valid dan reliabel. Uji asumsi klasik (normalitas, linieritas, dan multikolinieritas) menunjukkan bahwa semua asumsi terpenuhi. Hasil uji F menunjukkan bahwa Muhasabah dan Self Control secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Distres Akademik (F = 12,555; Sig. = 0,000 < 0,05). Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,398 menunjukkan bahwa 39,8% variasi Distres Akademik dijelaskan oleh Muhasabah dan Self Control, sedangkan 60,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t menunjukkan bahwa Muhasabah berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Distres Akademik (Sig. = 0,04 < 0,05). Sebaliknya, Self Control berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Distres Akademik (Sig. = 0,03 < 0,05), hal itu mengindikasikan bahwa semakin baik muhasabah dan Self Control yang dimiliki mahasiswa, semakin rendah tingkat distres akademik mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua variable tersebut memegang peranan penting dalam mengurangi distres akademik pada mahasiswa yang bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: MARCELLA NADHIA ANGGRAENI
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:14
Last Modified: 04 Dec 2025 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item