Priyantika, Sisca Putri (2025) Pola Komunikasi Simbolik Media Sosial Facebook Dalam Bisnis Open Booking Online (BO) Di Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
933514419_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
933514419_Bab 1.pdf Download (232kB) |
|
|
Text
933514419_Bab 2.pdf Download (246kB) |
|
|
Text
933514419_Bab 3.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
933514419_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
933514419_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
|
Text
933514419_Bab 6.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
933514419_Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
933514419_Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
Berkembangnya teknologi di Indonesia di masa globalisasi membuat banyak orang beralih dari kegiatan offline ke online. Hal ini juga terjadi pada kegiatan prostitusi. Prostitusi saat ini menggunakan media online. Melalui media online sangat diperlukan pola komunikasi yang bagus agar pesan dapat tersampaikan. Namun dalam dunia prostitusi komunikasi ini harus melalui simbol ataupun bahasa simbol agar dapat menjaga keamanan. Pemanfaatan simbol-simbol untuk proses interaksi komunikasi sesuai yang dipaparkan oleh George Herbert Mead. Meskipun demikian, simbol-simbol tersebut telah dipahami oleh pengguna prostitusi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memperoleh sumber data dari pelaku dan customer prostitusi online. Pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metodeobservasi, wawancara (online dan offline), dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa komunikator dalam bisnis open booking online yaitu pelaku prostitusi. Sedangkan komunikan adalah pelanggan open booking online. Dalam hal ini keduanya memilikipola komunikasi yang baik. Meskipun menggunakan simbol-simbol dalam penyampaian pesannya. Semakin jelas dan lengkap simbol yang diberikan, maka akan semakin banyak pula peminatnya. Berdasarkan model komunikasi menurut Wilbur Schramm, dalam komunikasi ini terdapat empat elemen yang biasa disebut dengan SMCR (Sender : pelaku prostitusi, message : pesan berupa simbol atau bahasa simbol, channel : saluran melalui Facebook, dan receiver : penerima pesan atau calon konsumen) muncul beberapa simbol yang telah dipahami oleh pengguna prostitusi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | SISCA PUTRI PRIYANTIKA |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:32 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:32 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
