Pola Komunikasi Simbolik Media Sosial Facebook Dalam Bisnis Open Booking Online (BO) Di Kediri

Priyantika, Sisca Putri (2025) Pola Komunikasi Simbolik Media Sosial Facebook Dalam Bisnis Open Booking Online (BO) Di Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933514419_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933514419_Bab 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
933514419_Bab 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
933514419_Bab 3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
933514419_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933514419_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
933514419_Bab 6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
933514419_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
933514419_Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi di Indonesia di masa globalisasi membuat banyak orang beralih dari kegiatan offline ke online. Hal ini juga terjadi pada kegiatan prostitusi. Prostitusi saat ini menggunakan media online. Melalui media online sangat diperlukan pola komunikasi yang bagus agar pesan dapat tersampaikan. Namun dalam dunia prostitusi komunikasi ini harus melalui simbol ataupun bahasa simbol agar dapat menjaga keamanan. Pemanfaatan simbol-simbol untuk proses interaksi komunikasi sesuai yang dipaparkan oleh George Herbert Mead. Meskipun demikian, simbol-simbol tersebut telah dipahami oleh pengguna prostitusi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memperoleh sumber data dari pelaku dan customer prostitusi online. Pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metodeobservasi, wawancara (online dan offline), dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa komunikator dalam bisnis open booking online yaitu pelaku prostitusi. Sedangkan komunikan adalah pelanggan open booking online. Dalam hal ini keduanya memilikipola komunikasi yang baik. Meskipun menggunakan simbol-simbol dalam penyampaian pesannya. Semakin jelas dan lengkap simbol yang diberikan, maka akan semakin banyak pula peminatnya. Berdasarkan model komunikasi menurut Wilbur Schramm, dalam komunikasi ini terdapat empat elemen yang biasa disebut dengan SMCR (Sender : pelaku prostitusi, message : pesan berupa simbol atau bahasa simbol, channel : saluran melalui Facebook, dan receiver : penerima pesan atau calon konsumen) muncul beberapa simbol yang telah dipahami oleh pengguna prostitusi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SISCA PUTRI PRIYANTIKA
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:32
Last Modified: 01 Dec 2025 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19798

Actions (login required)

View Item View Item