Prila Adelina, Meta (2025) Peran pembayaran quick response code indonesian standar (QRIS) guna meningkatkan penjualan pada outlet tahu takwa POO Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
934124719_Prabab.pdf Download (713kB) |
|
|
Text
934124719_Bab1.pdf Download (550kB) |
|
|
Text
934124719_Bab2.pdf Download (654kB) |
|
|
Text
934124719_Bab3.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
934124719_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
|
Text
934124719_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
|
Text
934124719_Bab6.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
934124719_Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1) (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK Meta Prila Adelina. Dosen Pembimbing I: Adin Fadilah, M.ESy. Dosen Pembimbing II: Arif Zunaidi, SHI., M.EI. Peran Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Guna Meningkatkan Penjualan Pada Outlet Tahu Takwa POO Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata Kunci: QRIS, Digitalisasi Pembayaran, UMKM, Peningkatan Penjualan, Tahu Takwa POO Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan perilaku masyarakat dari transaksi tunai menuju nontunai. Salah satu inovasi pembayaran digital adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang telah banyak diadopsi oleh pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembayaran QRIS serta dampaknya terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Tahu Takwa POO Kota Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, serta validasi data melalui triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi QRIS di Tahu Takwa POO dimulai sejak tahun 2019, berawal dari kebutuhan transaksi yang lebih cepat, aman, dan sesuai anjuran pemerintah pada masa pandemi COVID-19. Proses implementasi berlangsung efektif dengan dukungan pihak bank, sosialisasi melalui media sosial, serta kesiapan karyawan dalam mengarahkan konsumen. Dampak penerapan QRIS terlihat pada peningkatan volume transaksi, kecepatan layanan, dan nilai rata-rata pembelian. Data penjualan menunjukkan adanya kenaikan signifikan setelah penggunaan QRIS, dimana pada tahun 2023 jumlah penjualan mencapai 21.600 pcs, hampir dua kali lipat dibandingkan sebelum implementasi QRIS
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | META PRILA ADELINA |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
