Peran pembayaran quick response code indonesian standar (QRIS) guna meningkatkan penjualan pada outlet tahu takwa POO Kota Kediri

Prila Adelina, Meta (2025) Peran pembayaran quick response code indonesian standar (QRIS) guna meningkatkan penjualan pada outlet tahu takwa POO Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934124719_Prabab.pdf

Download (713kB)
[img] Text
934124719_Bab1.pdf

Download (550kB)
[img] Text
934124719_Bab2.pdf

Download (654kB)
[img] Text
934124719_Bab3.pdf

Download (224kB)
[img] Text
934124719_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
934124719_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
934124719_Bab6.pdf

Download (314kB)
[img] Text
934124719_Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1) (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Meta Prila Adelina. Dosen Pembimbing I: Adin Fadilah, M.ESy. Dosen Pembimbing II: Arif Zunaidi, SHI., M.EI. Peran Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Guna Meningkatkan Penjualan Pada Outlet Tahu Takwa POO Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata Kunci: QRIS, Digitalisasi Pembayaran, UMKM, Peningkatan Penjualan, Tahu Takwa POO Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan perilaku masyarakat dari transaksi tunai menuju nontunai. Salah satu inovasi pembayaran digital adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang telah banyak diadopsi oleh pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembayaran QRIS serta dampaknya terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Tahu Takwa POO Kota Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, serta validasi data melalui triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi QRIS di Tahu Takwa POO dimulai sejak tahun 2019, berawal dari kebutuhan transaksi yang lebih cepat, aman, dan sesuai anjuran pemerintah pada masa pandemi COVID-19. Proses implementasi berlangsung efektif dengan dukungan pihak bank, sosialisasi melalui media sosial, serta kesiapan karyawan dalam mengarahkan konsumen. Dampak penerapan QRIS terlihat pada peningkatan volume transaksi, kecepatan layanan, dan nilai rata-rata pembelian. Data penjualan menunjukkan adanya kenaikan signifikan setelah penggunaan QRIS, dimana pada tahun 2023 jumlah penjualan mencapai 21.600 pcs, hampir dua kali lipat dibandingkan sebelum implementasi QRIS

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: META PRILA ADELINA
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:08
Last Modified: 01 Dec 2025 02:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19784

Actions (login required)

View Item View Item