Ayuningtyas, Siska (2025) PERAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BANK SYARIAH (Studi Pada BCA Syariah KCP Kota Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, UIN SYEKH WASIL KEDIRI.
|
Text
21402084_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21402084_BAB I.pdf Download (598kB) |
|
|
Text
21402084_BAB II.pdf Download (609kB) |
|
|
Text
21402084_BAB III.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
21402084_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
|
Text
21402084_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
21402084_BAB VI.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
21402084_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
|
Text
21402084_lembar pernyataan persetujuan.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Financial technology adalah pemanfaatan teknologi dalam sistem keuangan yang menghasilkan produk, jasa, teknologi, dan model bisnis serta dapat berdampak pada stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan atau efisiensi, kelancaran, keamanan, dan keandalan sistem pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran fintech dalam meningkatkan kualitas pelayanan studi pada Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif yang didefinisikan dengan pengumpulan data pada suatu latar ilmiah dengan tujuan menafsirkan fenomena yang terjadi yang mana peneiliti merupakan instrumen kunci, sampel sumber data diambil dari data primer dan sekunder, dengan total 11 informan dari pihak bank BCA Syariah KCP Kota Kediri beserta nasabahnya teknik pengumpulan menggunakan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, kemudian hasil penelitian kualitatif pada penelitian ini lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan fintech melalui BSYA dan Klik Bisnis telah meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan perbankan syariah. Aplikasi BSYA dirancang inklusif dengan fitur login sidik jari, transfer antar bank, hingga pembayaran zakat. Sementara Klik Bisnis mendukung kebutuhan transaksi korporat secara aman dan cepat. (2) Keduanya memberikan dampak positif pada lima dimensi kualitas pelayanan (SERVQUAL): bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Edukasi digital serta pelayanan personal kepada nasabah lanjut usia dan pemula turut memperkuat pelayanan yang berorientasi syariah. Dengan demikian, fintech terbukti tidak hanya mempercepat transaksi, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan yang aman, inklusif, dan sesuai prinsip syariah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
| Depositing User: | SISKA AYUNINGTYAS |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 06:35 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 06:35 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
