SABAR, MAT (2021) Model Pendidikan Humanisme Nabi Ibrahim: Analisis Berdasarkan Konsep Pendidikan Humanisme Abraham Harold Maslow. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
92101619040_prabab.pdf Download (785kB) |
|
|
Text
92101619040_bab1.pdf Download (616kB) |
|
|
Text
92101619040_bab2.pdf Download (768kB) |
|
|
Text
92101619040_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
|
Text
92101619040_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
92101619040_bab5.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
92101619040_daftarpsutaka.pdf Download (442kB) |
|
|
Text
92101619040_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
|
Text
92101619040_sp.pdf Download (352kB) |
Abstract
ABSTRAK MAT SABAR, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Nur Ahid, M.Ag. dan Dr.H.Moh. Asror Yusuf, M.Ag.: Model Pendidikan Humanisme Nabi Ibrahim: Analisis Berdasarkan Konsep Pendidikan Humanisme Abraham Harold Maslow, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Magister Institut Agama Islam Kediri, 2021. Kata Kunci: Model, Pendidikan, Humanisme Pendidikan menjadi proses penciptaan identitas individu yang lebih didasarkan pada pemikiran manusia. Model humanisme merupakan pendekatan yang bermartabat dalam pendidikan. Agama sejak di wahyukan sudah mengajarkan sistem menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Islam membuahkan dimensi hakikat kemanusiaan menjadi orientasi dalam ajarannya. Saat ini, banyak sekali seseorang sudah tidak menghargai hak-hak asasi manusia, perilaku manusia tidak memanusiakan manusia. Konsep pendidikan humanisme bukanlah semata-mata ditemukan oleh filosof barat, faktanya dilembaga-lembaga Islam banyak yang menerapkan konsep pendidikan humanis. Sebab, pendidikan humanis ditemukan oleh orang-orang Barat menggunakan pendekatan filsafat epistemologi yang kurang sinkron dengan ajaran Islam. Peneliti bermaksud untuk sekali lagi memperjelas model pendidikan humanisme Nabi Ibrahim. Hal ini merupakan analisis berdasarkan konsep pendidikan humanisme Abraham Harold Maslow yang dipopulerkan dengan julukan “Bapak Humanisme”. Metodologi penelitian yang menganalisis model pendidikan humanisme Nabi Ibrahim (Khalilullah) yang dikenal sebagai ``Bapak Para Nabi,'' berdasarkan konsep pendidikan humanisme Abraham Harold Maslow adalah jenis tinjauan pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah metode hermeneutika Maudhui (tematik). Di sisi lain, analisis model pendidikan humanistik Nabi Ibrahim dengan menggunakan model pendidikan humanisme Abraham Harold Maslow, konsep pendidikan humanisme Abraham Harold Maslow, dan konsep pendidikan humanistik Abraham Harold Maslow dirumuskan sebagai suatu permasalahan. Penyajian data hasil penelitian akhir menunjukkan: dasar penelitian humanisme Nabi Ibrahim AS. Spiritual Religius atau wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT. tidak ada pemikiran humanisme, dan dasar pendidikan humanisme Abraham Harold Maslow adalah keduniawian yang hanya mengikuti realitas empiris.Tinjauan model pendidikan humanism Nabi Ibrahim: Menggunakan konsep pendidikan Abraham Harold Maslow. Analisis, Persamaannya adalah “manusia dipandang sebagai makhluk yang bebas memilih sikapnya, yang mengacu pada hakikat seluruh umat manusia,” namun yang membedakan adalah “Nabi Ibrahim mempelajari spiritualitas dari wahyu Allah”, sedangkan Maslow sebaliknya hanya menggunakan keduniawian dan realitas empiris.”
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
| Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:17 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:17 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
