ANINNAS, AFINA (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Sembilat (Sempoa Bilangan Bulat) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VI di MI Darul Ma’arif Gebangbunder. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21206014_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21206014_bab1.pdf Download (521kB) |
|
|
Text
21206014_bab2.pdf Download (559kB) |
|
|
Text
21206014_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
|
Text
21206014_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
21206014_bab5.pdf Download (372kB) |
|
|
Text
21206014_daftarpustaka.pdf Download (476kB) |
|
|
Text
21206014_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
21206014_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (190kB) |
Abstract
AFINA ANINNAS. Dosen Pembimbing Dr. DEWI AGUS TRIANI, M. Pd. dan KURNIA AHADIYAH, S.Si., M.Si. Pengembangan Media Pembelajaran SEMBILAT (Sempoa Bilangan Bulat) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Dididk Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VI Di MI Darul Ma’arif Gebangbunder, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah UIN Syekh Wasil Kediri, 2025 Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran SEMBILAT (Sempoa Bilangan Bulat), Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar karena berperan membantu peserta didik memahami konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret, menarik, dan mudah dipahami. Pemilihan media yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun, pada kenyataannya hasil belajar peserta didik pada materi bilangan bulat di kelas VI MI Darul Ma’arif Gebangbunder masih tergolong rendah diperlukan pengembangan media pembelajaran inovatif yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan media SEMBILAT (Sempoa Bilangan Bulat). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media SEMBILAT (2) mengetahui kelayakan media SEMBILAT (3) menganalisis keefektifannya media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bilangan bulat siswa kelas VI MI Darul Ma’arif Gebangbunder. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kegiatan penelitian dilaksanakan di MI Darul Ma’arif Gebangbunder dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, pre-test dan post-test, serta dokumentasi.. Hasil dari penelitian ini adalah 1) prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi yang dilakukan secara runtut dan produk yang dikembangkan peneliti berupa media SEMBILAT. 2) Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli media adalah 89,23% dengan kategori “layak” sedangkan hasil dari validator ahli materi adalah 94% dengan kategori “Sangat layak”, hasil validasi yang ketiga oleh validator ahli pembelajaran yaitu 96% dengan kategori (Sangat Layak). Sedangkan hasil yang diperoleh pada respon peserta didik adalah dengan rata-rata 96% dengan kategori (Sangat Layak). 3) Hasil pre-test dan post-test pada menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata pre-test 63,6 kemudian meningkatkan dengan rata-rata post-test 80. Untuk mengetahui keefektifan maka dilakukan pengolahan data menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata 0,77 yang berada pada rentang g ≤ 0,070 yang mana berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada N-Gan Persen diperoleh rata-rata 77% yang mana berada pada kategori Efektif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | AFINA ANINNAS |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 07:11 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 07:11 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
