Efektivitas Penggunaan Layanan Byond By BSI Dalam Meningkatkan Implementasi Green Banking (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Mojokerto Surodinawan)

Suyanti, Eka (2025) Efektivitas Penggunaan Layanan Byond By BSI Dalam Meningkatkan Implementasi Green Banking (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Mojokerto Surodinawan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21402052_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402052_bab1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
21402052_bab2.pdf

Download (397kB)
[img] Text
21402052_bab3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
21402052_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
21402052_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
21402052_bab6.pdf

Download (346kB)
[img] Text
21402052_daftarpustaka.pdf

Download (317kB)
[img] Text
21402052_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
21402052_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (198kB)

Abstract

Eka Suyanti. 2025. Efektivitas Penggunaan Layanan BYOND by BSI Dalam Meningkatkan Implementasi Green Banking (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Surodinawan). Program Sudi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Ahmad Syakur, LC., M.EI (2) Moch. Zainuddin M.EI Kata Kunci: Efektivitas, BYOND by BSI, Green Banking Indonesia sudah mulai menaruh perhatian terhadap konsep green economy seperti pada sektor perbankan. green banking merupakan salah satu implementasi konsep ekonomi hijau yang memprioritas keberlanjutan program pada praktek bisnisnya. BYOND by BSI hadir sebagai bentuk inovasi mobile banking yang menjadi jawaban atas tantangan pembangunan berkelanjutan di sektor perbankan, dengan menekankan efisiensi energi, pengurangan penggunaan kertas, serta digitalisasi layanan yang ramah lingkungan. BYOND by BSI merupakan platform digital yang dikembangkan untuk menyediakan layanan perbankan yang cepat, praktis, dan ramah lingkungan. Dalam konteks green banking, aplikasi ini secara signifikan mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik, memperkecil kebutuhan penggunaan energi di kantor cabang, serta menekan jejak karbon melalui pengalihan transaksi ke media digital. Fokus penelitian ini anatara lain 1) Bagaimana efektivitas BYOND by BSI sebagai platfoam digital banking syariah? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan layanan BYOND by BSI dalam meningkatkan green banking (Studi pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Surodinawan). Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan (field research). Kemudian data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Selain itu pengumpulan data melalui observasi pada lembaga, dokumentasi data, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat proses transaksi, memberikan informasi yang akurat, dan meningkatkan kualitas layanan, yang sangat membantu karena bisa digunakan kapan saja dan di mana saja selama 24 jam, sehingga lebih hemat waktu. Selain itu, transaksi yang dilakukan juga jelas dan mudah dipantau. 2) Penggunaan layanan BYOND by BSI terbukti efektif dalam menjalankan dua peran strategis sekaligus: sebagai platform digital banking syariah dan sebagai instrumen penerapan green banking. Digitalisasi perbankan melalui BYOND secara nyata telah menurunkan ketergantungan terhadap layanan berbasis kertas dan mobilitas fisik, mendukung terciptanya budaya paperless yang merupakan pondasi dari konsep green banking. Namun demikian, efektivitas ini belum sepenuhnya merata. Dengan demikian, BYOND by BSI tidak hanya merupakan inovasi teknologi, tetapi juga manifestasi dari transformasi nilai dalam dunia perbankan syariah menuju praktik yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020301 Bank (incl. Bank Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: EKA SUYANTI
Date Deposited: 24 Nov 2025 06:27
Last Modified: 24 Nov 2025 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19684

Actions (login required)

View Item View Item