Permadani, Muhamad Ilham (2025) Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Penilaian Negatif Dengan Prasangka Buruk Terhadap Pelanggan Pada Driver Ojek Online Di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21104070_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21104070_bab1.pdf Download (442kB) |
|
|
Text
21104070_bab2.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
21104070_bab3.pdf Download (275kB) |
|
|
Text
21104070_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
|
Text
21104070_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text
21104070_bab6.pdf Download (90kB) |
|
|
Text
21104070_daftarpustaka.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhamad Ilham Permadani. Dosen Pembimbing Nur Aziz Afandi, S.Psi., M.Si., dan Fatma Puri Sayekti, M.Psi., Psikolog. Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Penilaian Negatif Dengan Prasangka Buruk Terhadap Pelanggan Pada Driver Ojek Online Di Kota Kediri. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Kecemasan, Prasangka Buruk, Driver Ojek Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap penilaian negatif dengan prasangka buruk terhadap pelanggan pada driver ojek online di Kota Kediri. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan aplikasi ShopeeFood dalam layanan antar makanan dalam kurun waktu empat tahun terakhir, yang memungkinkan terbentuknya proses interaksi antara driver dan pelanggan. Adanya sistem pemberian rating buruk oleh pelanggan secara sepihak, memungkinkan terciptanya sebuah prasangka buruk dari driver atas perilaku pelanggan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 driver ShopeeFood yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner terkait kecemasan terhadap penilaian negatif dan prasangka buruk terhadap pelanggan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prasangka buruk terhadap pelanggan pada driver ShopeeFood di Kota Kediri termasuk ke dalam kategori sedang dengan rata-rata 76,62. Selain itu, tingkat kecemasan terhadap penilaian negatif juga termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata 70,63. Adapun terkait hubungan kedua variabel menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai korelasi 0,769 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, apabila kecemasan terhadap penilaian negatif masuk ke dalam kategori tinggi, maka prasangka buruk terhadap pelanggan juga ikut ke dalam kategori tinggi, dan sebaliknya. Kesimpulan dalam penelitian ini menemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecemasan terhadap penilaian negatif dan prasangka buruk terhadap pelanggan pada driver ShopeeFood di Kota Kediri. Baik tingkat kecemasan terhadap penilaian negatif maupun tingkat prasangka buruk terhadap pelanggan berada dalam kategori sedang di kalangan driver. Secara spesifik, semakin tinggi kecemasan seorang driver terhadap potensi penilaian negatif, semakin tinggi pula kecenderungannya untuk mengembangkan prasangka buruk terhadap pelanggan. Korelasi yang kuat (0,769) dan signifikan (p < 0,05) ini menunjukkan bahwa sistem penilaian sepihak oleh pelanggan, yang dapat menimbulkan kecemasan pada driver, berpotensi secara langsung memicu terbentuknya prasangka negatif terhadap pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
| Depositing User: | MUHAMAD ILHAM PERMADANI |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:43 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:43 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
