Pengembangan Media Puzzle Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD NU DARUSSALAM Semen Kediri

Prameswari, Amanda Dwi (2025) Pengembangan Media Puzzle Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD NU DARUSSALAM Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21206110_prabab.pdf

Download (748kB)
[img] Text
21206110_bab1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
21206110_bab2.pdf

Download (212kB)
[img] Text
21206110_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
21206110_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21206110_bab5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
21206110_daftarpustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
21206110_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21206110_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi siswa di kelas IIIA SD NU Darussalam Semen Kediri serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan selama prosedur pembelajaran. Dimana guru yang umumnya masih menerapkan metode ceramah serta memanfaatkan buku tematik. Kurangnya inovasi media menjadikan anak didik menjadi kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis narasi. Maka dari itu, tujuan penelitian dan pengembangan ini ialah (1) guna meningkatkan suatu media pembelajaran yakni media puzzle gambar berseri pada materi menulis cerita narasi kelas IIIA di SD NU Darussalam Semen Kediri. (2) Untuk mengetahui kelayakan media puzzle gambar berseri pada materi menulis cerita narasi kelas IIIA di SD NU Darussalam Semen Kediri. (3) Guna memahami keefektifan kemampuan menulis cerita narasi setelah menerapkan media puzzle gambar berseri pada materi menulis cerita narasi kelas IIIA di SD NU Darussalam Semen Kediri Media ini dikembangkan melalui pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD NU Darussalam Semen Kediri, dengan 4 siswa sebagai eksperimen skala kecil serta 19 siswa sebagai eksperimen skala besar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi, angket validasi ahli media serta ahli materi, angket respon siswa, serta soal pretest dan posttest. Hasil pengembangan media puzzle gambar berseri sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa, (1) Media puzzle gambar berseri dikembangkan mulai dengan tahap analisis yang meliputi analisis kebutuhan siswa serta analisis kurikulum, desain media puzzle gambar berseri, serta pengembangan produk hingga produk layak untuk diuji cobakan. (2) Kelayakan media puzzle gambar berseri dapat dilihat dari perolehan hasil skor validasi oleh ahli media rata-rata sejumlah 91,25% dan ahli materi mendapat nilai rata-rata sejumlah 100%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". (3) Keefektifan media puzzle gambar berseri dapat dilihat berdasarkan hasil Uji N-Gain Score yang menunjukkan hasil sebesar 0,7663 dengan kategori sedang dan N-Gain persen memperoleh hasil sebesar 76,63% dengan kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AMANDA DWI PRAMESWARI
Date Deposited: 21 Nov 2025 06:36
Last Modified: 21 Nov 2025 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item