Pengaruh Struktur Modal Dan Liquidity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Menjadi Variabel Intervening (Studi Pada Sektor Infrastruktur Dan Transportasi Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2021-2024)

BAITULLOH, SABIT (2025) Pengaruh Struktur Modal Dan Liquidity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Menjadi Variabel Intervening (Studi Pada Sektor Infrastruktur Dan Transportasi Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2021-2024). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
23505012_Prabab.pdf

Download (626kB)
[img] Text
23505012_Bab 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
23505012_Bab 2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
23505012_Bab 3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
23505012_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
23505012_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
23505012_Bab 6.pdf

Download (79kB)
[img] Text
23505012_Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text
23505012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
23505012_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK SABIT BAITULLOH. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Zuraidah, M.Si. dan Dr. Andriani, M.M. Pengaruh Struktur Modal dan Liquidity terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Menjadi Variabel Intervening (Studi pada Sektor Infrastruktur dan Transportasi yang Terdaftar di ISSI Periode 2021-2024). Ekonomi Syariah, Pascasarjana IAIN Kediri 2024. Kata Kunci: Struktur Modal; Liquidity; Nilai Perusahaan; Profitabilitas. Tujuan utama dari manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan, yang berfokus pada upaya untuk mendorong dan mempertahankan harga saham pada tingkat yang optimal dan berkelanjutan. Rendah tingginya nilai perusahaan dapat dipengaruhi banyak faktor, tiga diantaranya struktur modal, liquidity, dan profitabilitas. Struktur modal memainkan peran krusial dalam menentukan nilai perusahaan yang merujuk pada komposisi pendanaan perusahaan untuk membiayai aset-asetnya. Liquidity dengan rasio tinggi dianggap lebih aman, namun jika terlalu tinggi menunjukkan perusahaan tidak mampu memanfaatkan aset lancarnya untuk dirubah menjadi profit, sehingga tinggi rendahnya liquidity dapat berkontribusi pada penilaian investor dan pasar. Profitabilitas yang solid memberikan keyakinan kepada investor tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan cash flow yang stabil di masa depan sehingga mendorong apresiasi terhadap nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji serta menelaah struktur modal dan liquidity terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas menjadi variabel intervening (studi pada sektor infrastruktur dan transportasi yang terdaftar di ISSI periode 2021-2024). Pada penelitian ini struktur modal diproksikan dengan rasio DER (Debt to Equity Ratio), liquidity diproksikan dengan rasio CR (Current Ratio), nilai perusahaan diproksikan dengan rasio PBV (Price to Book Value), dan profitabilitas di proksikan dengan rasio ROA (Return on Asset). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh emiten sektor infrastruktur dan transportasi yang berada pada ISSI periode 2021 sampai 2024 berjumlah 76. Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling hingga mendapatkan 11 sampel perusahaan dan jumlah data laporan keuangan sebagai data sampel sebanyak 154 menggunakan data triwulan. Hasil pengujian menggunakan analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa DER berpengaruh signifikan terhadap ROA, CR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, DER tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV, CR berpengaruh signifikan terhadap PBV, ROA berpengaruh signifikan terhadap PBV, ROA mampu menjadi mediasi atas pengaruh DER terhadap PBV dengan jenis mediasi full mediation, ROA mampu menjadi mediasi atas pengaruh CR terhadap PBV dengan jenis mediasi partial mediation. Hasil pengujian variabel intervening menggunakan sobel mendapatkan hasil ROA mampu secara signifikan sebagai full mediation hubungan pengaruh DER terhadap PBV. Sedangkan pada hubungan pengaruh CR terhadap PBV, ROA memang menjadi partial mediation berdasarkan analisis jalur, namun secara statistik sobel tidak terbukti signifikan pada penelitian ini. Menjaga DER rendah agar menaikkan ROA sehingga PBV juga naik merupakan sifat al-warra’ dan itqan. Menjaga CR rendah dengan mengelola aset lancar agar menaikkan PBV dan ROA merupakan sifat al-mas’uliyah dan amanah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:54
Last Modified: 17 Nov 2025 02:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item View Item