Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Kasus Di SDIT Al Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri)

ILMA, ABDURRAHMAN ZIDNI (2024) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Kasus Di SDIT Al Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22504002_prabab.pdf

Download (824kB)
[img] Text
22504002_bab1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
22504002_bab2.pdf

Download (436kB)
[img] Text
22504002_bab3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
22504002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text
22504002_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
22504002_bab6.pdf

Download (268kB)
[img] Text
22504002_daftarpustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
22504002_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
22504002_pernyataan.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK ABDURRAHMAN ZIDNI ILMA: 22504002, Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Kasus Di SDIT Al Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri). Dosen Pembimbing I, Prof. Dr. Moh. Asror Yusuf, M. Ag dan Dosen Pembimbing II, Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I: Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Pendidikan Pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan untuk mempertahankan kelangsungan eksistensi lembaganya untuk berkembang dan untuk mendapatkan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai strategi pemasaran yang dilakukan untuk mendapatkan minat masyarakat dalam suatu lembaga pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri. Penelitian ini meneliti mengenai aspek bauran pemasaran menurut Kotler yaitu 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process). Hal ini dirasa relevan terhadap pendidikan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif untuk menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan berbagai cara melibatkan berbagai metode yang ada. Untuk mendeskripsikan peristiwa tersebut, peneliti membutuhkan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam validasi data, prosesnya melibatkan tiga tahap: pendahuluan, penyaringan, dan pelengkapan data yang kurang Teknik triangulasi digunakan dalam proses validasi data. Hasil dari penelitian perlunya proses Perencanaan Strategi Pemasaran memiliki tujuan pemasaran, yaitu untuk meningkatkan minat dan juga citra pada lembaga pendidikan SDIT AL Arif. Strategi pemasaran menggunakan tiga unsur dalam perencanaan pemasaran yaitu segmentasi pasar, targetting, possitioning. Penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan bauran 7P. Produk, dengan mempertimbangkan mulai dari input proses hingga output siswa agar terjaga mutu dari produk lembaga. Harga, dilakukan dengan menghitung jumlah anggaran yang akan dipakai selama satu tahun. Lokasi, tempat yang strategis membuat minat masyarakat akan tertarik untuk memilih. Terutama pada akses menuju sekolahan. Promosi, pemasaran melalui secara langsung dari mulut kemulut dan juga tidak langsung melalui media sosial, banner dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi minat masyarakat. Proses, dengan berjalannya kegiatan belajar mengajar yang sudah diatur oleh kepala sekolah dan waka kurikulum akan mampu memberikan kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Sarana dan Prasarana, fasilitas yang diberikan tetap terjaga dengan melakukan pemeliharaan secara rutin dan juga berkala. Dilakukan oleh orang yang bisa atau ahli dalam hal tersebut. Dengan hal tersebut berimplikasi pada minat masyarakat yang meningkat dan juga citra lembaga yang semakin bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:56
Last Modified: 13 Nov 2025 04:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19589

Actions (login required)

View Item View Item