Tata Kelola Ma’had Aly Pasca Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 32 Tahun 2020 (Studi Multisitus Di Ma’had Aly Darul Ulum Jombang, Ma’had Aly Al-Falah Kediri, Dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ariy Jombang)

JAMROJI, BAGUS (2025) Tata Kelola Ma’had Aly Pasca Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 32 Tahun 2020 (Studi Multisitus Di Ma’had Aly Darul Ulum Jombang, Ma’had Aly Al-Falah Kediri, Dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ariy Jombang). Doctoral (S3) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21531025_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21531025_bab1.pdf

Download (854kB)
[img] Text
21531025_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21531025_bab3.pdf

Download (635kB)
[img] Text
21531025_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21531025_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
21531025_bab6.pdf

Download (444kB)
[img] Text
21531025_daftarpustaka.pdf

Download (733kB)
[img] Text
21531025_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK BAGUS JAMROJI, NIM 21531025, 2025, Tata Kelola Ma'had Aly Pasca Peraturan Menteri Agama No. 32 Tahun 2020 (Studi Multi Situs pada Ma’had Aly Darul Ulum Jombang, Ma’had Aly Al-Falah Ploso, dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang), Program Doktor (S3) Studi Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kediri, Prof. Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. Sebagai Promotor I dan Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag sebagai Promotor II. Kata Kunci: Tata Kelola, Ma’had Aly, Peraturan Menteri Agama No. 32 Tahun 2020 Penelitian ini mengkaji tata kelola Ma’had Aly pasca implementasi Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 32 Tahun 2020, dengan fokus pada tiga institusi: Ma’had Aly Darul Ulum Jombang, Ma’had Aly Al-Falah Kediri, dan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang. Regulasi ini membawa perubahan mendasar dibandingkan dengan sebelumnya, terutama dalam aspek legalitas, tata kelola kelembagaan, kurikulum, serta sistem penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik tata kelola Ma’had Aly dalam prinsip Good Governance, mengidentifikasi strategi adaptasi yang diterapkan dalam merespons perubahan regulasi, serta menganalisis dinamika adaptasi institusional dalam menjaga keseimbangan antara kepatuhan terhadap regulasi dan pelestarian nilai tradisional pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multi-situs. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan informan yang terdiri dari pimpinan Ma’had Aly, pengurus, dosen, tenaga pendidik, serta pemangku kepentingan lainnya. Validitas data diuji menggunakan triangulasi sumber dan metode, sementara analisis data dilakukan dengan model interaktif, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik tata kelola ketiga Ma’had Aly telah bertransformasi secara signifikan dengan menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dalam pengelolaan kelembagaan, kurikulum, serta tenaga kependidikan. Dalam merespons perubahan regulasi, Ma’had Aly menerapkan strategi adaptasi berbasis teori respons institusional Christine Oliver (1991), khususnya melalui strategi kepatuhan (acquiescence) dan kompromi (compromise). Kurikulum dikembangkan dengan mengintegrasikan kajian Kitab Kuning dengan standar pendidikan modern, serta didukung oleh peningkatan kompetensi tenaga pengajar dan optimalisasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, ketiga Ma’had Aly menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara tradisi pesantren dan modernisasi pendidikan, tetapi berhasil mengatasinya melalui penguatan tata kelola, inovasi pembelajaran, peningkatan SDM, serta kolaborasi strategis dengan berbagai pihak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiga Ma’had Aly mampu beradaptasi dengan regulasi baru tanpa kehilangan identitasnya sebagai institusi pendidikan berbasis pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Doctoral (S3))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktor Studi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:40
Last Modified: 13 Nov 2025 03:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item