Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Merah Delima Bekery Kediri Ditinjau Dari Analisis Swot

MADYASARI, ARLUPI YULIA (2024) Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Merah Delima Bekery Kediri Ditinjau Dari Analisis Swot. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22505012_PRA BAB.pdf

Download (709kB)
[img] Text
22505012_BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
22505012_BAB 2.pdf

Download (297kB)
[img] Text
22505012_BAB 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
22505012_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
22505012_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
22505012_BAB 6.pdf

Download (100kB)
[img] Text
22505012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
22505012_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
22505012_LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (726kB)

Abstract

ABSTRAK Arlupi Yulia Madyasari, 2025 “STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR PADA MERAH DELIMA BEKERY KEDIRI DITINJAU DARI ANALISIS SWOT”. Dosen Pembimbing Dr. Jamaluddin A Kholik, MA dan Dr. Andriani, M.M Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pesaingan Pasar, Analisis SWOT Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar ditinjau dari analisis SWOT. Analisis ini untuk menentukan kekuatan, kelemahan serta peluang dan tantangan dari strategi pemasaran Toko Roti Merah Delima Bakery Kediri. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis deskripstif pada Toko Roti Merah Delima Bakery Kediri sebagai metode penyelidikan utamanya. Penulis memilih lokasi ini untuk penelitiannya karena terdapat pertanyaan yang menarik untuk ditelaah. Dengan kata lain, dalam tinjauan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang diterapkan oleh Toko Roti Merah Delima Kediri menggunakan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup beberapa aspek berikut: Produk: toko ini menawarkan 77 jenis produk. Harga : mulai dari Rp 2.500 - Rp 15.000 per produk. Promosi: melalui metode, yaitu cara tradisional seperti berkeliling menggunakan sepeda, motor, atau mobil box. Distribusi: Toko Roti Merah Delima membuka cabang di beberapa lokasi untuk memudahkan akses bagi masyarakat di sekitar. Orang, Roti Merah Delima Bakery Kediri memiliki 13 karyawan. Proses, memiliki alat produksi yang lebih canggih, memungkinkan efisiensi dan kualitas produk yang lebih baik. Bukti fisik kemasan berlogo untuk memudahkan konsumen mengenali produk dari Merah Delima Bakery. Dalam hal ini, Toko Merah Delima juga membagi segmen pasar berdasarkan celah yang ada untuk menarik perhatian masyarakat. Persaingan pasar yang dilakukan dengan diversifikasi produk, harga yang kompetitif, lokasi strategis, promosi yang aktif, kualitas produksi yang baik, pelayanan pelanggan yang memuaskan, dan pengemasan yang menarik menjadi faktor kunci dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Berdasarkan analisis SWOT dalam menghadapi persaingan pasar, strategi yang digunakan oleh Toko Roti Merah Delima Kediri meliputi: Kekuatan (Strenghts) : Diversifikasi produk, harga yang sesuai, memberikan yang terbaik, melayani dengan semnagat dan ikhlas, identitas merek. Kelemahan (Weakness) : kurang lahan parkir, masih minim dalam dunia bisnis. Peluang (Opportunities) : diterima masyarakat, pesaing akan tertingga dengan produk. Ancaman (Threats) : semakin banyak pesaing, para pesaing lebih kuat. Analisis SWOT menunjukkan bahwa Toko Roti Merah Delima Bakery Kediri memiliki potensi yang besar untuk berkembang. Namun, perlu adanya perbaikan dalam beberapa aspek, terutama dalam hal pemasaran digital dan pengelolaan tempat. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan konsisten, toko roti ini dapat mengatasi tantangan yang ada dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:18
Last Modified: 13 Nov 2025 02:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item