Pengaruh Metode Sorogan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Santri Melalui Motivasi Di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam

RIZALDI, FIKRI HAIKAL (2024) Pengaruh Metode Sorogan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Santri Melalui Motivasi Di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22501006_prabab.pdf

Download (676kB)
[img] Text
22501006_bab1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
22501006_bab2.pdf

Download (567kB)
[img] Text
22501006_bab3.pdf

Download (398kB)
[img] Text
22501006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
22501006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
22501006_bab6.pdf

Download (355kB)
[img] Text
22501006_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
22501006_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Rizaldi, Fikri, Haikal. (2024). Pengaruh Metode Sorogan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Santri Melalui Motivasi Di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam, Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Isalam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam (IAIN) Kediri, pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag (II) Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Kata kunci: prestasi belajar, metode sorogan, minat, dan motivasi belajar Prestasi belajar menjadi nilai ukur dari keberhasilan sebuah pembelajaran, termasuk di dalam ruang lingkup Pondok Pesantren. Prestasi Belajar banyak dipengaruhi oleh berbagaifaktor, di antaranya metode pembelajaran (dalam hal ini metode sorogan), minat, motivasi belajar, dan sebagainya. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh langsung metode sorogan terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh langsung minat terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh langsung metode sorogan terhadap motivasi santri, 4) pengaruh langsung minat terhadap motivasi santri, 5) pengaruh langsung motivasi kepada prestasi belajar, 6) pengaruh metode sorogan terhadap prestasi belajar melalui motivasi, 7) pengaruh minat terhadap prestasi belajar melalui motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Madrasah Ihya Ulumiddin Pondok Pesantren Darussalam kelas Wustho. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling 90 orang. Adapun tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel penelitian meliputi prestasi belajar, metode sorogan, minat, dan motivasi belajar. Analisis data yang dilakukan adalah outer model, inner model dan pengujian hipotesis menggunakan bantuan Smart-PLS. Berdasarkan hasil penelitian semua data dikatakan valid dan reliabel. Selanjutnya, hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung metode sorogan terhadap prestasi belajar, 2) terdapat pengaruh langsung minat terhadap prestasi belajar, 3) terdapat pengaruh langsung metode sorogan terhadap motivasi santri, 4) terdapat pengaruh langsung minat terhadap motivasi santri, 5) terdapat pengaruh langsung motivasi terhadap prestasi belajar, 6) terdapat pengaruh metode sorogan terhadap prestasi belajar melalui motivasi, 7) terdapat pengaruh minat terhadap prestasi belajar melalui motivasi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan kepada jajaran pengurus dan guru Madrasah Ihya Ulumiddin Pondok Pesantren Darussalam agar dapat mengidentifikasi secara akurat permasalahan guna meningkatkan prestasi belajar santri. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat menambahkan dan mengembangkan indikator penelitian agar bisa menguji lebih lanjut terkait prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 12 Nov 2025 06:51
Last Modified: 12 Nov 2025 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item