AINI, QUTROTUL (2025) Kemandirian Dalam Merawat Diri Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain A Reguler Satuan Paud Sejenis Al-Mubarok Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
933408418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
933408418_bab1.pdf Download (181kB) |
|
|
Text
933408418_bab2.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
933408418_bab3.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
933408418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
|
Text
933408418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
|
Text
933408418_bab6.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
933408418_daftarpustaka.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
933408418_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
933408418_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (197kB) |
Abstract
QUTROTUL AINI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Tatik Imadatus Sa’adati,M.Psi., Psikolog. Kemandirian Merawat Diri Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain A Reguler Satuan Paud Sejenis Al-Mubarok Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025 Kata kunci: kemandirian, merawat diri, pembiasaan, anak usia dini, studi kasus. Kemandirian merawat diri merupakan kemampuan dasar yang perlu dikembangkan sejak dini agar anak dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bergantung pada orang lain. Kemampuan ini mencakup berbagai kegiatan seperti makan sendiri, mencuci tangan, memakai sepatu, dan memakai pakaian sendiri. Salah satu cara efektif untuk menumbuhkan kemandirian ini adalah melalui kegiatan pembiasaan, yaitu kegiatan yang dilakukan secara berulang, konsisten, dan disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Pembiasaan yang tepat dapat membantu anak belajar melalui pengalaman langsung dalam lingkungan yang mendukung dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian merawat diri anak usia dini melalui kegiatan pembiasaan di Kelompok Bermain A Reguler Satuan PAUD Sejenis Al- Mubarok, Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menggali informasi yang mendalam dan kompleks mengenai perilaku kemandirian anak dalam konteks pembiasaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung terhadap aktivitas anak, serta dokumentasi yang relevan. Wawancara dilakukan dengan guru dan orang tua untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas mengenai proses pembiasaan yang diterapkan di sekolah dan di rumah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah dikumpulkan direduksi untuk menyaring informasi penting, kemudian disajikan dalam bentuk naratif agar pola dan temuan dapat terlihat secara jelas. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak telah menunjukkan kemandirian yang signifikan dalam melakukan aktivitas mandiri sehari-hari, seperti memakai sepatu, makan sendiri, mencuci tangan, dan berpakaian sudah berkembang dengan baik, namun ada salah satu sabjek, yaitu subjek 3 menunjukan ketergantungan dalam beberapa aktivitas, yang menujukan bahwa ia masih dalam proses pembelajaran dan melakukan dukungan sosial. Kemandirian siswa ini berkembang melalui proses pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dalam kegiatan terprogram dan tidak terprogram, kegiatan terprogram dalakukan melalui tahap guru memberi contoh, siswa memperhatikan dan menirukan, proses itu dilakukan berulang hingga anak terbiasa. kegiatan tidak terprogram yang terjadi dalam interaksi sehari-hari dengan pembiasan secara spontan dan pembiasaan ketaladanan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170203 Knowledge Representation and Machine Learning |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
| Depositing User: | QUTROTUL AINI |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:34 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:34 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
