Yahya, Azizah Aulia Rifky (2025) Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2022 (Studi Kasus Produsen Tahu Hakatofu Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
931326318_prabab.pdf Download (976kB) |
|
|
Text
931326318_bab1.pdf Download (458kB) |
|
|
Text
931326318_bab2.pdf Download (350kB) |
|
|
Text
931326318_bab3.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
931326318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
|
Text
931326318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
|
Text
931326318_bab6.pdf Download (93kB) |
|
|
Text
931326318_daftar_pustaka.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
931326318_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
931326318_lembar_pernyataan.pdf Download (200kB) |
Abstract
Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi semua sector tidak terkendali, terutama sector perekonomian. Usaha UMKM menjadi salah satu yang terdampak adanya pandemic covid-19. Banyak usaha-usaha umkm yang memilih untuk untuk berhenti sejenak sambil menunggu pandemic reda, hingga ada juga yang harus gulung tikar karena tidak adanya pemasukan sama sekali. Upaya-upaya terus dilakukan bagi para pelaku usaha guna bisa mempertahankan bisnisnya. Strategi pemasaran yang tepat dpat membantu para pelaku untuk mengatur bagaimana hasil produknya bisa terus diminati konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran UMKM Tahu Hakatofu di Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Strategi Pemasaran Umkm Tahu Hakatofu Dalam Mempertahankan bisnis selama masa pandemic covid-19 tahun 2020-2022 di Desa KenitenKecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan umkm tahu Hakatofu di Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri adalah pemilihan pasar, sistem distribusi, dan komunikasi pemasaran (promosi) strategi yang dilakukan yaitu menjual produk tahu Hakatofu ke pasar-pasar tradisional, event pameran, dan pasar wisata atau pusat oleh-oleh. Penjualan dilakukan diluar maupun dalam Kota Kediri. Produk langsung di drop ke warung-warung yang sudah menjadi langganan. Jika ada lebihan biasa dijajakan di pasar rakyat setempat. Promosi yang dilakukan lewat penjualan pribadi yaitu membuat story atau cerita di media sosial. Sedangkan strategi pemasaran dalam mempertahankan bisnis umkm tahu Hakatofu pada masa pamdemi covid 19 ialah menggunakan bauran pemasaran 4P: Price, Product, Place, dan Promotion. Strategi yang digunakan yaitu dengan mengurangi ketebalan produk tahu sedangkan produk turunan seperti kripik dan lain-lain dengan sedikit menaikkan harga jualnya. Menambah jaringan pemasaran ke swalayan atau supermarket, pemanfaatan media sosial, dan juga bantuan dari Pemerintah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Azizah Aulia RIfky Yahya |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:24 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:24 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
