Ulum, Muh. Bahrul (2025) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI TPQ AL-ABADA KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
|
Text
21201144_prabab.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
21201144_bab1.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_bab2.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_bab3.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_bab6.pdf Download (981kB) |
|
|
Text
21201144_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
21201144_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
MUH. BAHRUL ULUM, Dosen Pembimbing Zakiyatus Soimah, M.HI dan Ani Mar’atul Hamidah, M. Pd.I, Implementasi Program Intensif BTQ Dengan Metode Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Santri TPQ AL-Abada, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci : Implementasi, Tilawati, BTQ Pembelajaran Al-Qur’an pada usia dini merupakan tahap yang sangat strategis dalam menanamkan kemampuan dasar membaca dan menulis Al-Qur’an secara efektif dan berkesinambungan. Pada masa ini, anak-anak berada dalam fase perkembangan yang sangat baik untuk menerima pembelajaran, khususnya dalam hal pelafalan dan pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Salah satu metode yang banyak digunakan di lembaga pendidikan Al-Qur’an adalah metode Tilawati. Metode ini menggabungkan pendekatan talaqqi dan musyafahah, yang memungkinkan proses pembelajaran berlangsung secara langsung antara guru dan murid melalui pembacaan, peniruan, serta perbaikan bacaan secara tatap muka. Pendekatan ini disusun secara sistematis dan sesuai dengan perkembangan usia anak, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Tilawati di TPQ Al-Abada, mengevaluasi hasil dari penerapannya, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran dengan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan informan, serta dokumentasi yang relevan. Penelitian ini bersifat deskriptif, bertujuan menyajikan gambaran faktual secara mendalam dan sistematis tentang pelaksanaan metode Tilawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tilawati diterapkan di TPQ Al-Abada melalui beberapa langkah: pengelompokan santri berdasarkan hasil pretest, pembukaan kegiatan dengan doa, pembelajaran secara klasikal, serta penggunaan alat peraga sebagai media bantu. Penerapan metode ini terbukti meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an santri secara signifikan, dari kategori Cukup Baik menjadi Amat Baik. Adapun faktor pendukung meliputi penataan ruang belajar yang mendukung, semangat belajar santri, serta peran aktif guru dan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya mencakup ketidakhadiran santri akibat cuaca, kurangnya kedisiplinan, tidak mengulang pelajaran di rumah, serta minimnya dukungan dari orang tua.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | MUHAMMAD BAHRUL ULUM |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 08:25 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 08:25 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
