UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI PROGRAM MUHADHOROH DI MA HASAN MUCHYI KAPUREJO

Azmi, Muhammad Ulul (2025) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI PROGRAM MUHADHOROH DI MA HASAN MUCHYI KAPUREJO. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201153_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201153_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
21201153_bab1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
21201153_bab2.pdf

Download (592kB)
[img] Text
21201153_bab3.pdf

Download (503kB)
[img] Text
21201153_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201153_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
21201153_bab6.pdf

Download (456kB)
[img] Text
21201153_daftarpustaka.pdf

Download (420kB)
[img] Text
21201153_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)

Abstract

Muhammad Ulul Azmi, Dosen pembimbing Dr. Abdur Ro’uf Hasbullah, M.Pd.I dan Muhammad Nabil Khasbullah. S. EI, M.Pd, I., Upaya Pembentukan Karakter Percaya Diri Melalui Program Muhadhoroh di MA Hasan Muchyi Kapurejo. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci: Muhadhoroh, Karakter, Percaya diri Penelitian ini berfokus pada upaya pembentukan karakter percaya diri melalui program muhadhoroh di MA Hasan Muchyi Kapurejo. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan siswa, terutama dalam hal keberanian untuk berbicara di depan umum dan menyampaikan pendapat. Namun, masih banyak siswa yang menunjukkan rasa gugup, malu, bahkan takut ketika harus tampil di hadapan banyak orang. Dalam konteks ini, program muhadhoroh menjadi salah satu strategi pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan bertujuan untuk melatih siswa agar terbiasa tampil di depan publik, sehingga membentuk keberanian, ketegasan, dan kepercayaan diri. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program muhadhoroh dan bagaimana evaluasi kegiatan tersebut dalam membentuk karakter percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methods). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, pembina muhadhoroh, dan angket yang dibagikan kepada siswa, serta melalui observasi langsung dan dokumentasi kegiatan. Kehadiran peneliti secara langsung di lapangan memungkinkan pengumpulan data yang faktual dan kontekstual. Instrumen yang digunakan berupa panduan wawancara, angket, daftar periksa observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi program muhadhoroh di MA Hasan Muchyi Kapurejo dilakukan melalui tiga tahapan utama 1) perencanaan dan pelaksanaan. Dalam tahap perencanaan, sekolah bersama pengurus IPNU IPPNU menetapkan tujuan, menyusun jadwal mingguan, serta membentuk kelompok muhadhoroh, penentuan materi dan metode muhadhoroh. Pada tahap pelaksanaan, siswa diberi kesempatan untuk mempersiapkankan penampilan mereka, kegiatan fisik sebelum masuk kelas, pembukaan oleh mc dan dilanjutkan penampilan siswa secara bergilir dengan bentuk kegiatan seperti pidato, puisi, dan ceramah, lalu ditutup dengan sambutan dari pengurus muhadhoroh dan guru pembina. 2) Evaluasi kegiatan muhadhoroh dilakukan secara berkala oleh guru pembina dan supervisor dari IPNU IPPNU. Evaluasi berfokus pada kehadiran, kesiapan siswa, keberanian dalam berbicara, dan sikap selama tampil. Meskipun evaluasi masih bersifat sederhana dan belum menggunakan rubrik formal, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami perkembangan yang positif dalam aspek percaya diri. Selain itu, evaluasi digunakan untuk mendorong siswa yang belum aktif serta memperbaiki aspek-aspek teknis dari kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD ULUL AZMI
Date Deposited: 15 Oct 2025 08:27
Last Modified: 15 Oct 2025 08:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item