Peran Sertifikat Halal Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Kuliner (Studi Pada Paguyuban Ronggo Nawasena di Kelurahan Ngronggo Kota Kediri)

Munawwarah, Ni'Matul (2025) Peran Sertifikat Halal Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Kuliner (Studi Pada Paguyuban Ronggo Nawasena di Kelurahan Ngronggo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401033_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401033_Bab1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
20401033_Bab2.pdf

Download (461kB)
[img] Text
20401033_Bab3.pdf

Download (359kB)
[img] Text
20401033_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
20401033_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
20401033_Bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
20401033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Ni’matul Munawwarah, Dosen Pembimbing Dr. Nuril Hidayati, S.FiI.I., M.Hum dan Mundhori, S.E., M.E. Peran Sertifikat Halal Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Kuliner (Studi Pada Paguyuban Ronggo Nawasena di Kelurahan Ngronggo Kota Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Kediri, 2025. Kata Kunci : Sertifikat Halal, UMKM, Peningkatan Penjualan. Produk kuliner atau makanan adalah kebutuhan pokok masyarakat sehingga akan selalu ada permintaan. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kuliner di Ngronggo memiliki potensi besar untuk tumbuh, terutama dengan adanya lembaga pendidikan Islam yang menciptakan permintaan yang konsisten terhadap makanan dan minuman halal. Sertifikat halal tidak hanya memberi manfaat perlindungan hukum hak-hak konsumen muslim terhadap produk yang tidak halal, tetapi juga meningkatkan nilai jual produk pelaku usaha, karena konsumen tidak ragu lagi untuk membeli produk yang diperdagangkan pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses sertifikasi halal pada UMKM kuliner paguyuban Ronggo Nawasena. 2) Mendeskripsikan peran sertifikat halal dalam meningkatkan penjualan UMKM kuliner pada paguyuban Ronggo Nawasena Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 14 informan, observasi dan dokumentasi di Paguyuban UMKM Ronggo Nawasena Kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data peneliti yaitu ketua paguyuban, anggota paguyuban yang bergerak di bidang kuliner, dan konsumen. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian adalah poses sertifikat halal UMKM kuliner pada paguyuban Ronggo Nawasena menggunakan mekanisme self-declare. Self-declare merupakan proses mendapatkan sertifikat halal dengan memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh BPJPH. Pelaksanaan proses sertifikasi dapat melibatkan kantor kelurahan dan Halal Center IAIN Kediri, sebagai proses pendamping halal. MUI berperan dalam menetapkan kehalalan produk melalui audit dan fatwa, sedangkan BPJPH menerbitkan sertifikat halal berdasarkan fatwa dan melakukan pengawasan. Peran sertifikat halal dalam meningkatkan penjualan UMKM Kuliner pada Paguyuban Ronggo Nawasena berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Peningkatan penjualan anggota UMKM kuliner Mengalami peningkatan dari 15% hingga 100%. Hal ini terjadi karena kepemilikan sertifikat halal tidak hanya menjadi pemenuhan regulasi, tetapi juga menjelma menjadi alat penting dalam membangun kepercayaan konsumen dan memperluas jangkauan pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: NI`MATUL MUNAWWARAH
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:02
Last Modified: 10 Oct 2025 07:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item