Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Nasy'atul Mujahidin

Ningrum, Ana Kartika (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Nasy'atul Mujahidin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206056_prabab.pdf

Download (445kB)
[img] Text
21206056_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
21206056_bab2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
21206056_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
21206056_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206056_bab5.pdf

Download (81kB)
[img] Text
21206056_daftarpustaka.pdf

Download (171kB)
[img] Text
21206056_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206056_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran flip chart berbasis komik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Nasy'atul Mujahidin. Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran yang efektif dan rendahnya hasil belajar pada materi proses fotosintesis pada tumbuhan di mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data melalui validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi ahli pembelajaran, pre-test, post-test, angket respon peserta didik, dan dokumentasi. Hasil validasi ahli media 94,64%, ahli materi sebesar 89,58%, dan ahli pembelajaran sebesar 86,67% dengan kategori "sangat layak". Efektivitas media pembelajaran dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik, dari rata-rata pre-test 39,23 menjadi 84,8 pada post-test, uji-t menunjukkan perbedaan signifikan, dan uji N-Gain sebesar 0,76 yang tergolong kategori "tinggi". Dengan demikian, media pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANA KARTIKA NINGRUM
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:08
Last Modified: 02 Dec 2025 04:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item