Strategi Pembelajaran PAI Bagi Anak Tunagrahita Pada Jenjang SDLB Di SLB Krida Utama 1 Tanjunganom Nganjuk

Yustitia Zalfa' Qutsam, Callista Qotrunada (2024) Strategi Pembelajaran PAI Bagi Anak Tunagrahita Pada Jenjang SDLB Di SLB Krida Utama 1 Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111219_prabab.pdf

Download (727kB)
[img] Text
932111219_bab1.pdf

Download (622kB)
[img] Text
932111219_bab2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
932111219_bab3.pdf

Download (502kB)
[img] Text
932111219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
932111219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
932111219_bab6.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932111219_daftarpustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932111219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
932111219_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (196kB)

Abstract

CALLISTA QOTRUNADA, Dosen Pembimbing Nila Zaimatus Septiana, M.Pd dan Surahmat, S.Th.I, M.Hum, Strategi Pembelajaran PAI bagi Anak Tunagrahita pada Jenjang SDLB di SLB Krida Utama 1 Tanjunganom Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negerei (IAIN) Kediri, 2024 Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, PAI, Anak Tunagrahita, Sekolah Luar Biasa Anak berkebutuhan memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda dengan anak pada umumnya. Semua anak dalam mendapatkan pendidikan memiliki hak yang sama, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus yang berhak mendapatkan ilmu dengan perhatian yang khusus. SLB Krida Utama 1 Tanjunganom melayani pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus salah satunya anak tunagrahita yang memiliki IQ di bawah rata-rata. Kurangnya kosentrasi dan tingkat pemahaman anak tunagrahita dalam menyerap ilmu pengetahuan menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar anak tunagrahita. Sebagai guru terutama guru mata pelajaran PAI harus melakukan upaya agar siswa tidak mengalami kesulitan belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI pada anak tunagrahita, untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran PAI untuk anak tunagrahita, untuk mendeskripsikan bagaimana keberhasilan pelaksanaan strategi pembelajaran PAI, serta untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran PAI untuk anak tunagrahita pada jenjang SDLB di SLB Krida Utama 1 Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan memperolah data dari guru PAI. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) strategi pembelajaran yang digunakan adalah pertama strategi ekspositori strategi ini guru menjadi pusat dalam pembelajaran, kedua strategi kooperatif strategi ini melatih siswa untuk bekerja kelompok dengan temannya, ketiga strategi berbasis masalah strategi ini melatih siswa untuk memecahkan masalah sederhana. Dalam pemilihan strategi tersebut disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan karakterisrik dari peserta didik. 2) pelaksanaan strategi pembelajaran pertama, tahap pembukaan guru membuka dengan mengajak peserta didik berdoa, kemudian menyanyikan lagu untuk membangun semangat, tahap penyampaian materi dslsm penyampaiannya menggunakan beberapa strategi disesuaikan dengan materi, tahap penutup gurur meriview materi yang telah disampaikan. 3) keberhasilan pelaksanaan strategi pembelajaran dapat dilihat dari perubahan sikap peserta didik setelah pembelajaran berlangsung, selain itu dapat dilihat melalui nilai yang di dapat peserta didik. 4) faktor penghambat pertama masalah belajar anak tunagrahita yang memiliki IQ dibawah rata-rata, masalah komunikasi anak tunagrahita, dan masalah adaptasi. Faktor pendukung utama dari siswa itu sendiri, kedua dari guru yang mampu menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai, ketiga dari orang tua berupa motivasi dan dorongan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: CALLISTA QOTRUNADA
Date Deposited: 06 Oct 2025 06:57
Last Modified: 06 Oct 2025 06:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item