OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PELATIHAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN BRAND LOYALTY DI AZWA RUMAH BUSANA KOTA KEDIRI

Pradipta, Nabila Jihan (2025) OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PELATIHAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN BRAND LOYALTY DI AZWA RUMAH BUSANA KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401073_PRA BAB.pdf

Download (10MB)
[img] Text
21401073_BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
21401073_BAB 2.pdf

Download (343kB)
[img] Text
21401073_BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
21401073_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21401073_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
21401073_BAB 6.pdf

Download (159kB)
[img] Text
21401073_DaPus.pdf

Download (175kB)
[img] Text
21401073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
21401073_SP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

NABILA JIHAN PRADIPTA, Dosen Pembimbing RIRIN TRI PUSPITA NINGRUM, M.S.I., dan CHOIRU UMATIN, M.Pd., Optimalisasi Pengembangan Bisnis Melalui Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Meningkatkan Brand Loyalty Di Azwa Rumah Busana Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan Bisnis, Pelatihan Teknik Ecoprint, Brand Loyalty Pada sisi upaya pengembangan bisnis suatu UMKM melakukan berbagai hal tidak jauh dari yang dilakukan pula oleh perusahaan besar, utamanya demi menciptakan identitas, mempertahankan citra merk, dan nilai produk untuk meningkatkan keuntungan. Namun, meski sudah melakukan berbagai upaya tersebut, masih ada hambatan yang sulit dihadapi untuk para UMKM di era sekarang, yakni bagaimana cara meningkatkan dan memanfaatkan brand bisnis Pembuatan produk ecoprint hingga saat ini masih menggunakan teknik yang manual, murah, dan ramah lingkungan. Fokus penelitian yang dirumuskan dari penelitian ini yakni (1) bagaimana pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint di azwa rumah busana kota kediri; (2) bagaimana tingkat brand loyalty di azwa rumah busana kota kediri; (3) bagaimana optimalisasi pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint untuk meningkatkan brand loyalty di azwa rumah busana kota kediri, sehingga menemukan jawaban dari rumusan masalah tersebut yakni untuk menjelaskan pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint di azwa rumah busana kota kediri, (2) mengetahui tingkat brand loyalty di azwa rumah busana kota kediri, (3) menganalisa optimalisasi pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint untuk meningkatkan brand loyalty di azwa rumah busana kota kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan data dan informasi dengan melakukan tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi sesuai data lapangan. Jenis data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh temuan data: 1)alasan didirikan, 2)produk, 3)aktivitas bisnis, 4)strategi optimalisasi pengembangan bisnis, 5) tahapan pelatihan ecoprint, 6) tingkat brand loyalty, dan 7)faktor peningkatan brand loyalty. Peneliti juga mendapatkan hasil: 1)pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi yang masuk dalam strategi pengembangan bisnis 2) tingkat brand loyalty yang umumnya mencakup 5 tingkatan telah Azwa Rumah Busana temukan dari para konsumennya yang termasuk hanya 4 tingkatan seperti price buyer, habitual buyer, emotional buyer, dan comitted buyer sehingga dapat menjadi tolak ukur pemilik azwa rumah busana dalam mengetahui tingkat kepuasan konsumennya, 3)optimalisasi pengembangan bisnis melalui pelatihan teknik ecoprint yang dapat menghasilkan tingkatan brand loyalty melalui beberapa pendekatan namun ke depannya pun masih memerlukan beberapa evaluasi-inovasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: NABILA JIHAN PRADIPTA
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:51
Last Modified: 03 Oct 2025 08:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item