Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kota Mojokerto)

Marga Reta, Putri Seifera (2025) Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kota Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21402113_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21402113_bab6.pdf

Download (649kB)
[img] Text
21402113_daftarpustaka.pdf

Download (959kB)
[img] Text
21402113_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21402113_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

RETA, PUTRI SEIFERA MARGA. Dosen Pembimbing AMRUL MUTAQIN, M.EI, dan Dr. ARIF ZUNAIDI, S.H.I, M.EI. Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Kota Mojokerto). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2025. Kata Kunci: Strategi Fundraising, Unit Pengumpul Zakat, Donasi Strategi fundraising merupakan elemen fundamental yang penting bagi lembaga nirlaba. Hal ini bertujuan untuk memperoleh dukungan finansial dari para donatur serta masyarakat luas, serta mengoptimalkan jumlah donasi yang dapat dikumpulkan. Dengan pendekatan yang tepat, strategi ini dapat membantu lembaga tersebut dalam mencapai tujuan sosialnya secara efektif. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Kota Mojokerto sebagai lembaga nirlaba juga turut menjalankan strategi fundraising guna memaksimalkan perolehan dana donasi yang didapatkan. Metode yang digunakan yaitu secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi fundraising dalam meningkatkan jumlah donasi di UPZ BAZNAS Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer berasal dari wawancara dengan staf BAZNAS Kota Mojokerto dan pengurus maupun anggota dari UPZ di BAZNAS Kota Mojokerto. Data sekunder berasal dari beberapa karya tulis berupa buku, jurnal, website, artikel online. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan terjun langsung ke lapangan dengan menentukan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahapan penelitian ini yaitu tahap pralapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisa, dan terakhir yaitu tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi fundraising UPZ BAZNAS Kota Mojokerto dirancang untuk meningkatkan partisipasi muzakki dengan menetapkan target jelas, mengarahkan anggota, dan memperkuat komunikasi melalui sosialisasi dan media sosial. UPZ menawarkan berbagai saluran donasi, seperti kotak amal dan layanan jemput donasi, serta melakukan evaluasi berkala untuk memperbaiki strategi. (2) Strategi fundraising UPZ BAZNAS Kota Mojokerto berperan penting dalam meningkatkan donasi melalui pendekatan terencana. Dengan sosialisasi efektif, edukasi masyarakat tentang zakat, infaq, dan shodaqoh, serta penggunaan media sosial, UPZ berhasil meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat. Pembentukan UPZ baru juga memperluas jangkauan pengumpulan dana, melibatkan lebih banyak individu, dan menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemasukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: PUTRI SEIFERA MARGA RETA
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:44
Last Modified: 29 Sep 2025 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item View Item