Subandrio, Khadijah Rahmaniah (2025) Keberadaan Bandara Dhoho Kediri Terhadap Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi (Studi Masyarakat Desa Tiron, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
21403197_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21403197_bab1.pdf Download (406kB) |
|
|
Text
21403197_bab2.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
21403197_bab3.pdf Download (51kB) |
|
|
Text
21403197_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text
21403197_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text
21403197_bab6.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
21403197_daftarpustaka.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
21403197_Pernyataan_Upload (1).pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Khadijah Rahmaniah Subandrio, Dosen pembimbing Achamd Munif, SE, MM. , Toni Adhitya, SE, MSA., Mutaqin. M, Keberadaan Bandara Udara Dhoho Kediri Terhadap Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi (Studi Masyarakat Desa Tiron, Kabupaten Kediri) Kata kunci: Dampak sosial, Dampak ekonomi, Bandara Dhoho, Desa Tiron, Pembangunan infrastruktur Pembangunan Bandara Dhoho di Desa Tiron, Kabupaten Kediri, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang memicu berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat sekitar, baik secara fisik maupun sosial ekonomi. Mengingat lokasi bandara dibangun di atas lahan pertanian produktif yang selama ini menjadi sumber utama penghidupan warga, maka penting untuk mengetahui bagaimana dampak pembangunan ini terhadap kesejahteraan dan pola hidup masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami secara mendalam perubahan sosial ekonomi yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis mewawancarai sejumlah informan yang terdampak langsung, seperti warga yang kehilangan lahan, pelaku usaha kecil, hingga pendatang, serta melakukan observasi dan dokumentasi di lapangan. Teknik triangulasi waktu juga diterapkan untuk memastikan keabsahan data. Penelitian ini menemukan bahwa pembangunan Bandara Dhoho membawa dampak positif berupa bertambahnya lapangan pekerjaan, meningkatnya pendapatan bagi sebagian warga, dan tumbuhnya kesadaran terhadap pentingnya pendidikan. Namun, di sisi lain, terdapat pula dampak negatif seperti menurunnya interaksi sosial, kerusakan infrastruktur jalan, peningkatan harga kebutuhan pokok, serta tekanan terhadap lingkungan permukiman akibat debu dan kebisingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur besar seperti bandara harus mempertimbangkan aspek sosial ekonomi masyarakat lokal secara menyeluruh. Tidak semua warga merasakan manfaat yang sama, sehingga perlu adanya pendekatan pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan agar kesenjangan dampak dapat diminimalkan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140217 Transport Economics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | KHADIJAH RAHMANIAH SUBANDRIO |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:30 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:30 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
