SEMIOTIKA BUDAYA NOVEL PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI SERTA RELEVANSINYA PADA BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA

Cahyani, Aisyah (2025) SEMIOTIKA BUDAYA NOVEL PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI SERTA RELEVANSINYA PADA BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21207045_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21207045_bab1.pdf

Download (951kB)
[img] Text
21207045_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
21207045_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
21207045_bab4.pdf

Download (802kB)
[img] Text
21207045_daftarpustaka.pdf

Download (704kB)
[img] Text
21207045_lampiran.pdf

Download (919kB)
[img] Text
21207045_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

AISYAH CAHYANI, Dosen Pembimbing Dr. SALMA SUNAIYAH, M.Pd. dan Dr. IWAN MARWAN, M.Hum, Semiotika Budaya Dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori Pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas, Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Semiotika, Budaya, Pulang, Bahan Ajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karya sastra sebagai media pembentukan karakter dan pewarisan nilai budaya kepada generasi muda. Novel Pulang karya Leila S. Chudori menjadi salah satu karya yang merepresentasikan sejarah, budaya, dan identitas bangsa Indonesia, khususnya berkaitan dengan tragedi politik 1965 dan kehidupan para eksil politik di luar negeri. Namun, pemanfaatan karya sastra yang memuat semiotika budaya seperti ini belum banyak dikaji secara mendalam dalam konteks bahan ajar Bahasa Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tanda-tanda semiotika budaya apa saja yang terdapat dalam novel Pulang dan bagaimana relevansi tanda-tanda tersebut terhadap bahan ajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Data primer dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Leila S. Chudori, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku teori semiotika, teori budaya, jurnal, dan sumber ilmiah lainnya yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan klasifikasi tanda berupa ikon, indeks, dan simbol. Proses analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Pulang memuat beragam tanda semiotika budaya yang tercermin melalui simbol-simbol seperti kebaya, wayang, diorama sejarah, dan bunga melati, serta indeks dan ikon yang merepresentasikan sejarah, identitas, dan perjuangan eksil politik Indonesia. Tanda-tanda tersebut mengandung nilai budaya seperti gotong royong, empati, kerja keras, dan cinta tanah air yang sejalan dengan bahan ajar Bahasa Indonesia saat ini. Novel Pulang dinilai relevan untuk dijadikan bahan ajar Bahasa Indonesia pada seluruh fase pembelajaran karena mampu mengasah kemampuan berpikir kritis, meningkatkan apresiasi sastra, serta memperkaya pemahaman siswa terhadap nilai budaya, sejarah, dan identitas bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200408 Linguistic Structures (incl. Grammar, Phonology, Lexicon, Semantics) ; Struktur Linguistik (incl : Tata Bahasa, Fonologi, Leksikon, Semantik) > 20040899 Linguistic Structures not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: AISYAH CAHYANI
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:20
Last Modified: 26 Sep 2025 06:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item