Konsep pendidik dan peserta didik perspektif Ibnu Jamaah dalam kitab Tadzkirotus Sami' Wal Mutakallim dan relevansinya terhadap pendidikan modern

Jalaini, Habib Panji (2025) Konsep pendidik dan peserta didik perspektif Ibnu Jamaah dalam kitab Tadzkirotus Sami' Wal Mutakallim dan relevansinya terhadap pendidikan modern. Masters (S2) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
22501008_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
22501008_bab1.pdf

Download (935kB)
[img] Text
22501008_bab2.pdf

Download (753kB)
[img] Text
22501008_bab3.pdf

Download (647kB)
[img] Text
22501008_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
22501008_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
22501008_bab6.pdf

Download (280kB)
[img] Text
22501008_daftar_pustaka.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Lembar Peryataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Habib Panji Jalaini, 2025, Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Prespektif Ibnu Jamaah Dalam Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern, IAIN Kediri. Kata Kunci: konsep pendidik dan peserta didik, Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim, Era Modern. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari ketertarikan peneliti pada fenomena yang semakin melejit terkait pendidikan modern, dari tingaktan paud hingga perguruan tinggi. pendidikan memiliki komponen yang terpadu dan saling terkait. Pendidik dan peserta didik merupakan salah satu komponen pendidikan yang saling terkait. Salah satu aspek yang sangat terkait antara pendidik dan peserta didik ialah adab. Adab merupakan bagian pendidikan yang sangat penting dan berkenaan dengan sikap serta tingkah laku. Dalam dunia pendidikan, pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter/adab murid. Adab pendidik dan peserta didik menjadi penting terutama ketika terjadi proses transformasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan. Seberapa jauh adab itu menjadi pegangan sekaligus pertimbangan dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing, baik sebagai pendidik disatu pihak ataupun sebagai peserta didik dan dipihak lain. Maka penelitian ini bertujuan untuk membahas Konsep Adab Pendidik dan Peserta didik Perspektif Ibnu Jamaah serta Relevansinya terhadap Pendidikan modren. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Dan menggunakan metode library research. Pengumpulan data menggunakan 1) abstrak hasil penelitian, 2) indeks, 3) review, 4) jurnal, 5) buku referensi. Selain menggunakan 5 poin diatas, peneliti juga menggunakan data primer yaitu dari kitab adzkiratus Sami’ Wal Mutakallim karya Imam Ibnu Jamaah. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu pemikiran Imam Ibnu Jamaah.tentang konsep pendidik dan peserta didik sampai saat ini tetap relavan terbukti dengan banyaknya pendidikan yang masih menggunakan konsep beliau. Hanya saja berbeda dalam penyajian pemikiran dan kasus yang dihadapi seperti halnya Imam Ibnu Jamaah dalam mendidik sesuai dengan zaman anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HABIB PANJI JALAINI
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:34
Last Modified: 26 Sep 2025 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item