Pengembangan Media Panda (Papan Dakon) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sumberejo Tarokan Kediri

Handayani, Shinta Arieska (2025) Pengembangan Media Panda (Papan Dakon) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sumberejo Tarokan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206022_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206022_bab1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
21206022_bab2.pdf

Download (498kB)
[img] Text
21206022_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
21206022_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206022_bab5.pdf

Download (313kB)
[img] Text
21206022_daftarpustaka.pdf

Download (421kB)
[img] Text
21206022_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21206022_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Shinta Arieska Handayani, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I., Kurnia Ahadiyah, Ssi, M.Mi., Pengembangan Media Panda (Papan Dakon) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sumberejo Tarokan Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Pengembangan Media, Media Panda (Papan Dakon), Hasil Belajar Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu: hasil belajar peserta didik kelas V pada materi KPK dan FPB masih dalam kategori rendah, kesulitan guru dalam menyampaikan materi KPK dan FPB karena minimnya media pembelajaran konkret dan interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi, sehingga guru memerlukan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: untuk mengetahui pengembangan media PANDA pada materi KPK dan FPB kelas V di MI Miftakhul Huda Sumberejo Tarokan Kediri, untuk mengetahui kelayakan media PANDA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi KPK dan FPB di MI Miftakhul Huda Sumberejo Tarokan Kediri, dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan media PANDA pada materi KPK dan FPB kelas V di MI Miftakhul Huda Sumberejo Tarokan Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Deveploment, Implementation, Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Miftakhul Huda dengan jumlah 34 peserta didik. Instrumen pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam mengembangkan media PANDA pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi tingkat kelayakan produk berdasarkan hasil validasi oleh 2 ahli media mencapai rata-rata 95,3% yang tergolong dalam kategori sangat layak, validasi oleh 2 ahli materi mencapai rata-rata 84% yang juga tergolong sangat layak dan peningkatan hasil belajar setelah penerapan media PANDA dilihat dari data pretest dan posttest pada uji coba kelompok besar yang memiki hasil rata-rata pretest sebesar 47,2% sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 90,4%. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 maka hipotesis diterima atau adanya perbedaan hasil dalam penggunaan media PANDA. Berdasarkan uji N-Gain mendapatkan hasil 0,84 yang berarti media adanya peningkatan dengan kriteria “tinggi”. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PANDA terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftakhul Huda Sumberejo Tarokan Kediri pada materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SHINTA ARIESKA HANDAYANI
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:32
Last Modified: 23 Sep 2025 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item View Item