Ridhoi, Mohammad Sukron Akbar (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Di Sd Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206028_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21206028_bab1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
21206028_bab2.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
21206028_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
21206028_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206028_bab5.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
21206028_daftar pustaka.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
21206028_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Surat Pernyataan.pdf Download (184kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk momotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran interkatif berbasis Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interkatif berbasis Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran interkatif berbasis Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Subyek penelitian adalah 21 siswa kelas V di SD Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih. Hasil penelitian dan pengembangan ini mengungkapkan bahwa hasil uji kelayakan media dari validasi ahli media 92% dengan kategori “sangat layak”. Validasi ahli materi 80 % dengan kategori “layak”. Validasi ahli pembelajaran diperoleh presentase 86% dengan kategori “layak”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis google sites yang dikembangkan layak digunakan kepada siswa. Hasil uji keefektifan meningkatkannya motivasi belajar bagi peserta didik sebesar 12,9% Presentase data yang diperoleh sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis google sites yaitu 63,0%. Sedangkan presentase data yang diperoleh setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis google sites yaitu 75,9%. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwasannya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis google sites dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MOHAMMAD SUKRON AKBAR RIDHOI |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |