Abdillah, Arsyad Aqil Faishol (2025) Pengembangan Media Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206071_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206071_bab1.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text
21206071_bab2.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
21206071_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
![]() |
Text
21206071_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206071_bab5.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
21206071_daftarpustaka.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
21206071_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206071_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (199kB) |
Abstract
Arsyad Aqil Faishol Abdillah, Dosen Pembimbing (1) Ibu Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd dan (2) Aulia Rohmawati, M. Pd Pengembangan Media Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas Iv Min 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Smart Box, Pemahaman, Peserta didik Pendidikan Pancasila adalah mata pelajaran yang sangat penting dalam kurikulum pendidikan dasar di Indonesia, karena berperan dalam membentuk karakter dan kesadaran warga negara yang baik serta bertanggung jawab. ujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk (1) Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV melalui media pembelajaran Smart Box pada mata pelajaran Pendidiakan Pancasila (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Smart Box untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV (3) Untuk mengetahui ke efektifan dan pemahaman peserta didik kelas IV melalui media pembelajaran Smart Box. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Kota Kediri, subjek siswa kelas IV-D yang berjumlah 34 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode RnD atau Research and Development dengan model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analisis (Analyze), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media Smart Box menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yang disertai dengan petunjuk penggunaan di dalam media untuk mempermudah siswa dan guru dalam penerapan media; (2) Kelayakan media dapat dilihat dari validasi media sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata presentase 96% dengan kategori sangat layak. hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh rata-rata presentase 80% dengan kategori layak. Hasil validasi ahli pre-test dan post-test diperoleh rata-rata presentase 90% dengan kategori sangat layak. (3) Keefektifan media di lihat dari uji kelompok besar. Hasil nilai posttest memperoleh rata-rata 52,79% meningkat menjadi 93,08% pada posttest. Hasil uji wilcoxon kelompok kecil nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih besar dari 0,005 dan kelompok besar diketahui bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih besar dari 0,005 yang berarti adanya perbedaan yang signifikan pada pemahaman siswa sebelum dan setelah penggunaan Smart Box dan uji N-gain kelompok besar diperoleh hasil sebesar 0,8494 artinya media smart box mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ARSYAD AQIL FAISHOL ABDILLAH |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:37 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |