Strategi Komunikasi pemasaran wisata Pantai Kelapa Kabupaten Tuban untuk meningkatkan animo pengunjung

Lisana Sidqi, Aliyyan (2024) Strategi Komunikasi pemasaran wisata Pantai Kelapa Kabupaten Tuban untuk meningkatkan animo pengunjung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933519019_prabab.pdf

Download (183kB)
[img] Text
933519019_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
933519019_bab2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
933519019_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
933519019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
933519019_bab5.pdf

Download (332kB)
[img] Text
933519019_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933519019_daftarpustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Pernyataan persetujuan 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi yang baik, inovasi, menajemen dan pengelolaan serta cakap dalam melihat peluang digunakan untuk meningkatkan Animo pengunjung wisata Pantai Kelapa. Pantai Kelapa memiliki daya tarik untuk meningkatkan animo pengunjung mulai dari perkembang yang memenuhi faktor sebagai destinasi wisata di Kabupaten Tuban. Dalam animo pengunjung untuk tertarik kembali ke PantaiKelapa.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber datanya terbagi menjadi dua, yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung kepada pihak terkait. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 8 model komunikasi menurut IMC (Integrated marketing communication). Teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa wisata Pantai Kelapa menggunakan bauran pemasaran komunikasi terpadu seperti yang telah dipaparkan peneliti, yakni : (1) Pokdarwis melakukan promosi wisata menggunakan empat promotion mix (periklanan, personal selling, sales promotion, dan public relation. Periklanan dilakukan dengan berbagai media mulai dari media sosial, media televisi, dan media online, personal selling dilakukan melalui pelaku UMKM, public relation dengan menggandeng masyarakat, instansi pemerintah serta pendidikan, media dan face to face ke pengunjung. (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki objek wisata alami yang asri, sejuk, dan nyaman membuat orang terpesona datang ke lokasi wisata Pantai Kelapa Kabupaten Tuban, Pohon Kelapa yang mungkin tidak dapat ditemukan di lain tempat, rasa penasaran wisatawan akan perkembangan wisata Pantai Kelapa bukan hanya sekali saja kesini banyak orang yang ingin mengetahui perkembangan baru lokasi wisata sedangkan faktor penghambat promosi wisata Pantai Kelapa yang kurang konsisten dalam upload di media sosial, Tempat sampah yang kurang memadai, dan faktor cuaca pengaruh jumlah pengunjung wisata jika cuaca buruk membuat wisatawan kurang tertarik untuk berkunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LISANA SIDQI ALIYYAN
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:24
Last Modified: 22 Sep 2025 08:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item