Evaluasi Program Kelas Unggulan Olimpiade Berbasis Discrepancy Evaluation Model Di MTsN 7 Jember

RIZQI, NAILUL FAUZIATI (2024) Evaluasi Program Kelas Unggulan Olimpiade Berbasis Discrepancy Evaluation Model Di MTsN 7 Jember. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22504013_prabab.pdf

Download (259kB)
[img] Text
22504013_bab1.pdf

Download (195kB)
[img] Text
22504013_bab2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
22504013_bab3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
22504013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
22504013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
22504013_bab6.pdf

Download (40kB)
[img] Text
22504013_daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
22504013__sp.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK NAILUL FAUZIATI RIZQI: 22504013, Evaluasi Program Kelas Unggulan Olimpiade Berbasis Discrepancy Evaluation Model, Dosen Pembimbing I, Prof. Dr. H. Moh. Asror Yusuf, M.Ag. Dosen Pembimbing II, Dr. Iskandar Tsani, M.Ag: Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci : Evaluasi, Kelas Unggulan, Discrepancy Evalution Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kelas unggulan olimpiade berdasarkan evaluasi input, process dan output dari pelaksanan program kelas unggulan di MTsN 7 Jember. Penelitian ini mengambil langkah evaluasi dengan model ketimpangan atau Discrepancy Evaluation Model menurut Malcom Provus dengan memperhatikan 3 proses evaluasi, yaitu evaluasi masukan, evaluasi proses, dan evaluasi keluaran. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan menggunakan metode kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu dengan data wawancara serta observasi melalui analisis kualitatif. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara kepada Kepala MTsN 7 Jember, Ketua Pengelola kelas unggulan, pembimbing kelas tambahan kelas olimpiade, dan siswa kelas olimpiade. Hasil wawancara evaluasi program kelas unggulan di MTsN 7 Jember didapatkan kesimpulan bahwa Evaluasi input dalam pelaksanaan program kelas unggulan di MTsN 7 Jember yaitu dari segi standar yang digunakan madrasah ini masih kurang spesifik, perlu adanya standar yang berupa presentase atau target yang jelas dan mampu dicapai oleh madrasah, tes potensi akademik disini yang perlu di tingkatkan lagi dimana seharusnya adanya kriteria minimal pada tes yang dilakukan, namun yang terjadi hanya diambil dari ranking saja, fasilitas yang ada di ruangan kelas unggulan termasuk ada juga di kelas olimpiade kurang dimanfaatkan oleh guru kelas maupun pembimbing di jam tambahan pelajaran. Pada evaluasi proses yaitu Pendisiplinan pembimbing dan siswa di jam tambahan perlu ditingkatkan, serta adanya progres penguasaan materi dari pembimbing perlu diadakan, monitoring kepala madrasah tentu sangatlah penting untuk mencapai tujuan, kepala MTsN 7 Jember selalu memantau proses pelaksanaan kelas unggulan ini menjadi evaluasi setiap semesternya. Pada evaluasi output adalah dalam hal prestasi sudah menghasilkan prestasi di tingkat kabupaten meskipun masih wilayah kabupaten Jember barat, sedangkan untuk prestasi di tingkat kabupaten perlu ditingkatkan, termasuk di tingkat nasional. Sedangkan dalam hal lulusan, sudah sangat tentu siswa kelas olimpiade melanjutkan di sekolah favorit di area wilayah Jember barat yaitu SMKN 8 Jember dan SMAN 2 Tanggul. Hasil rekomendasi mendapatkan 3 rekomendasi pada setiap evaluasi anatara lain (1) pada evaluasi input, menggunakan standar yang jelas, rekrutmen calon peserta unggulan dalam tes potensi akademik dengan kriteria minimal perlu dilakukan, pemanfaatan fasilitas proyektor secara maksimal dan metode yang menyenangkan, (2) pada evaluasi proses, pendisiplinan siswa dan pembimbing ketika proses tambahan belajar di sore hari, perlu penilaian progres secara jelas terhadap materi olimpiade

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:17
Last Modified: 22 Sep 2025 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item View Item