Peran Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pengawas PAI di Kemenag Kota Kediri

BIMASBUQIN, HASBI ASSYIDDIQI (2024) Peran Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pengawas PAI di Kemenag Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22504008_prabab.pdf

Download (564kB)
[img] Text
22504008_BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
22504008_BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
22504008_BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
22504008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
22504008_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
22504008_BAB VI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
22504008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
22504008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
22504008_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK Hasbi Assyiddiqi Bimasbuqin, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. dan Dr. Mu’awanah., Peran Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pengawas Pai Di Kemenag Kota Kediri), Tesis, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Kediri, 2024. Kata kunci: Pengawas PAI, Implementasi, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berfokus pada peran pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka, dengan studi kasus pada pengawas pendidikan agama Islam (PAI) di Kemenag Kota Kediri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran pengawas dalam mendukung guru PAI untuk beradaptasi dengan perubahan kebijakan pendidikan yang dinamis, khususnya dalam penerapan kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam proses perencanaan program pendampingan, pendampingan terhadap perencanaan pembelajaran guru PAI, pendampingan terhadap pelaksanaan pembelajaran guru PAI, dan evaluasi program pendampingan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pendampingan yang disusun oleh pengawas PAI, sementara wawancara dilakukan dengan pengawas PAI, dan guru PAI untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pengalaman dan persepsi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas PAI memiliki peran yang krusial dalam membuat perencanaan program pendampingan dengan mengidentifikasi dan menganalisis komitmen perubahan guru PAI, strategi pendampingan yang diterapkan bervariasi sesuai dengan tingkat prioritas dan kebutuhan guru. Selain itu dalam pendampingan terhadap perencanaan pembelajaran guru PAI, pengawas memberikan kesempatan guru PAI untuk melakukan refleksi kepada guru PAI dan memberikan kesempatan untuk bertukar ide dengan guru-guru PAI lainnya, pada pendampingan terhadap pelaksanaan pembelajaran guru PAI, pengawas PAI memperhatikan aspek-apek pendampingan mulai dari standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi kelulusan, dan pada evaluasi program pendampingan pengawas PAI menggunakan instrument penilian dalam mengevaluasi guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:39
Last Modified: 22 Sep 2025 01:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19100

Actions (login required)

View Item View Item