Pengembangan Media Kamus Bantu Digital Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di MAN 3 Kediri

Ika Maharani, Marita Yusifa (2025) Pengembangan Media Kamus Bantu Digital Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di MAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203092_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203092_bab1.pdf

Download (666kB)
[img] Text
21203092_bab2.pdf

Download (655kB)
[img] Text
21203092_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
21203092_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21203092_bab5.pdf

Download (349kB)
[img] Text
21203092_daftar pustaka.pdf

Download (345kB)
[img] Text
21203092_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (235kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab, salah satu kendala yang sering dihadapi siswa adalah kurangnya pemahaman terhadap teks dan kosakata, yang berdampak pada rendahnya keterampilan membaca (maharah qira’ah). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media kamus digital berbasis website untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas XI di MAN 3 Kediri, (2) mengetahui kelayakan media tersebut, dan (3) menilai efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas XI K MAN 3 Kediri. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi terhadap media yang dikembangkan menunjukkan hasil yang sangat baik, yaitu validasi ahli media sebesar 98,18%, validasi ahli materi sebesar 88%, serta validasi soal pre-test dan post-test masing-masing sebesar 94% dan 84%. Respon peserta didik terhadap media juga sangat positif, dengan nilai 81% dari kelompok kecil dan 84% dari kelompok besar. Dan hasil pre-test dan post-test terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari 44,8 menjadi 46, dengan nilai signifikansi uji Wilcoxon sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan. Skor N-gain yang diperoleh sebesar 78,92% masuk dalam kategori “Efektif” dengan peningkatan “Tinggi”. Dengan demikian, media kamus digital berbasis website terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca (maharah qira’ah) siswa kelas XI di MAN 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MARITA YUSIFA IKA MAHARANI
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:38
Last Modified: 22 Sep 2025 07:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item