Pengaruh manajemen kurikulum terhadap pembentukan academic skill dalam mewujudkan prestasi akademik siswa di MAN 2 Kota Kediri

Aisya, Vira (2025) Pengaruh manajemen kurikulum terhadap pembentukan academic skill dalam mewujudkan prestasi akademik siswa di MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205015_bab1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
21205015_bab2.pdf

Download (450kB)
[img] Text
21205015_bab3.pdf

Download (379kB)
[img] Text
21205015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
21205015_bab6.pdf

Download (333kB)
[img] Text
21205015_daftarpustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
21205015_lampiranlampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada keberadaan kurikulum, tetapi juga pada bagaimana kurikulum tersebut dikelola melalui manajemen yang efektif. Kurikulum yang terencana dengan baik dapat membentuk keterampilan akademik (academic skill) siswa yang berperan penting dalam meningkatkan prestasi akademik. MAN 2 Kota Kediri dikenal sebagai madrasah yang unggul, dibuktikan dengan kualitas sekolah yang baik, prestasi yang telah diraih, penerapan pembelajaran yang maju, serta sarana dan prasarana yang lengkap. Madrasah telah berhasil mengoleksi lebih dari 130 prestasi. Hasil dari capaian-capaian tersebut juga mempengaruhi siswa hingga lolos ke berbagai PTN, serta menjadikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri menduduki peringkat 151 terbaik nasional dan 14 regional top 1000 LTMPT 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru, serta dokumentasi dari madrasah terkait. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penajian data, serta penarikan kesimpulan. Yang kemudian data yang diperoleh dianalisis secara sistematis untuk memahami proses manajemen kurikulum dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan manajemen kurikulum di MAN 2 Kota Kediri secara garis besar melalui suatu kegiatan tahunan yang dinamakan proses review kurikulum, yang dimana dari proses ini didalamnya terkait analisis kebutuhan madrasah, penyusunan perangkat ajar, hingga pembentukan dokumen kurikulum. Dari segi pengorganisasiannya, mencakup pengaturan struktur pembelajaran, klasifikasi mata pelajaran, penjadwalan kegiatan, hingga pembagian beban kerja guru. Kemudian dalam implementasi kurikulumnya madrasah dengan tenaga pendidik membentuk strategi pengajaran yang disesuaikan dengan kondisi kelas serta materi yang dimana bertujuan dalam membentuk serta mengembangkan kemampuan akademik para siswa-siswa. Yang selanjutnya dari semua kegiaan dilakukan evaluasi kurikulum melalui forum review, supervisi, hingga penilaian hasil belajar siswa yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: VIRA AISYA
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:28
Last Modified: 23 Sep 2025 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19081

Actions (login required)

View Item View Item