Relevansi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Dengan Buku PAI Dan Budi Pekerti Pada Jenjang SMA/SMK

Nur, Munazilah (2025) Relevansi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Dengan Buku PAI Dan Budi Pekerti Pada Jenjang SMA/SMK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201120_prabab.pdf

Download (790kB)
[img] Text
21201120_bab1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
21201120_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201120_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21201120_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201120_bab5.pdf

Download (209kB)
[img] Text
21201120_daftarpustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai moderasi beragama di kalangan pelajar sebagai upaya membentengi mereka dari paham keagamaan yang ekstrem. Buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar dipandang relevan sebagai bahan bacaan yang memuat nilai-nilai keislaman yang moderat dan kontekstual dengan kehidupan remaja. Di sisi lain, buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan buku ajar resmi yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Tuhan Ada di Hatimu memiliki relevansi dengan materi yang tercantum dalam buku PAI dan Budi Pekerti jenjang SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data utama diperoleh dari dua sumber, yakni buku Tuhan Ada di Hatimu dan buku PAI dan Budi Pekerti kelas X, XI, dan XII yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis), yaitu menelaah dan mengidentifikasi nilai-nilai moderasi seperti tawassuth (jalan tengah), i’tidal (adil), tasamuh (toleransi), dan tahadhur (berkeadaban). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Tuhan Ada di Hatimu menyampaikan nilai-nilai tersebut secara lugas dan komunikatif. Sementara itu, nilai-nilai serupa juga ditemukan dalam buku PAI dan Budi Pekerti, dengan intensitas yang paling dominan terdapat pada buku kelas X. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat relevansi yang cukup kuat antara buku Tuhan Ada di Hatimu dan buku PAI dan Budi Pekerti pada jenjang SMA/SMK. Kedua buku tersebut secara umum memiliki kesamaan dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang moderat, toleran, dan bersifat membangun. Relevansi paling tinggi ditemukan pada buku PAI kelas X, yang dari sisi isi maupun pendekatan nilai sangat sejalan dengan esensi yang diangkat dalam buku Tuhan Ada di Hatimu. Oleh karena itu, buku tersebut dapat dijadikan sebagai sumber bacaan pelengkap yang memperkuat pembelajaran moderasi beragama di lingkungan sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUNAZILAH NUR
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:55
Last Modified: 22 Sep 2025 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19076

Actions (login required)

View Item View Item